Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional. (Foto: Flickr)

Diabetes gestasional merupakan kondisi di mana seorang wanita yang sebelumnya tidak didiagnosa terkena diabetes, mengalami kenaikan kadar gula darah pada masa kehamilan. Namun, hal ini biasanya hanya terjadi pada beberapa ibu hamil.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes gestasional adalah adanya hormone yang dilepaskan oleh plasenta untuk pertumbuhan janin. Nah, hormon inilah yang diduga menghalangi kerja dari insulin di mana insulin sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam perombakan gula dan kondisi ini disebut dengan resistensi insulin.

Dalam kodisi seperti ini, wajar jika sel-sel dalam tubuh wanita hamil mengalami kesulitan untuk menggunakan insulin sehingga kadar gula dalam darah terus mengalami peningkatan dan hal ini pun berdampak pada kondisi fisik wanita hamil yang kemudian memiliki tubuh yang lemah karena energi sulit dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itu, perlu untuk diwaspadai jika anda atau kerabat anda yang sedang hamil, memiliki tubuh yang lemah melebihi kondisi tubuh wanita hamil pada umumnya karena bisa saja terkena diabetes gestasional.

Nah, untuk itu agar anda dapat mengatasi dengan segera diabetes gestasional sebaiknya anda mengetahui beberapa gejala yang biasa muncul pada wanita hamil. Silahkan simak uraian berikut ini.

Gejala yang umumnya muncul pada penderita diabetes gestasional
1. Frekuensi dan jumlah buang air kecil yang meningkat
2. Banyak minum
3. Jumlah porsi makan meningkat secara drastic
4. Gatal-gatal di kulit, mengalami keputihan, sering mengantuk dan juga kesemutan pada jari kaki dan tangan

Beberapa gejala penyakit diabetes gestasional memnag sebenarnya mirip dengan gejala penyakit diabetes. Yang membedakan hanyalah pada penderita di mana penyakit diabetes gestasional hanya menyerang pada ibu hamil.

Sebenarnya penyakit diabetes gestasional tidak selalu dialami oleh wanita hamil, anda dapat melakukan tindakan pencegahan dengan mengontrol berat badan, rutin melakukan olahraga, makan makanan yang berserat dan masih banyak lagi.

Nah, itulah uraian singkat yang dapat admin berikan mengenai diabetes gestasional. Semoga memberikan manfaat untuk anda.

Diabetes Gestasional | guniwan | 4.5