Resep Pindang Ikan Palembang

Resep Pindang Ikan Ala Palembang. Salah satu resep makanan khas indonesia yang spesial adalah resep pindang ikan Palembang yang berasal dari Sumatera Selatan, ya, Indonesia sendiri memang memiliki banyak sekali daerah atau wilayah yang memiliki makanan dengan citarasa yang khas dan juga tentunya enak. Salah satunya adalah masakan seperti Pindang Ikan Palembang, dan tentuya mungkin tidak akan setiap orang akan mengetahui jenis makanan khas dari Sumatera Selatan tersebut kecuali jika memang anda adalah pecinta kuliner. Namun janganlah khawatir, bagi anda yang ingin mencicipi kuliner khas indonesia tersebut, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan resepnya untuk anda semuanya secara gratis.

Resep Pindang Ikan Palembang

Dan bagi anda yang ingin mengtahuinya dan mencobanya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah sebuah resep pindang ikan Palembang khas Sumatera Selatan yang dapat kita ketahui dan perhatikan bersama.

Bahan pertama yang akan dibutuhkan untuk membuat pindang ikan ala palembang adalah :

  1. Ikan Patin yang masih segar sebanyak 500 gram
  2. Air bersih sebanyak 500ml.

Bahan untuk membuat bumbu halus :

  1. Bawang putih sebanyak 4 siung
  2. Bawang merah sebanyak 6 siung
  3. Dan cabai merah sebanyak 4 buah

Bumbu untuk memasak lainnya :

  1. Tomat cheri atau tomat hijau sebanya 3 buah lalu potonglah menjadi 4 bagian
  2. Cabai rawit sebanyak 10 buah
  3. Asam jawa sebanyak satu mata atau satu buah
  4. Kunyit sebesar 2cm kemudian iris tipis
  5. Lengkuas sebesar 4cm lalu iris tipis seperti kunyit
  6. Serai sebanyak 2 batang kemudian digeprek atau dimemarkan
  7. Jahe sebesar 3cm dan iris tipis juga
  8. Daun salam sebanyak 2 lembar
  9. Garam sebanyak 1½ sdt
  10. Gula merah sebanyak 1 sdt
  11. Dan kecap manis sebanyak 1 sdm

 

Cara membuat pindang ikan Palembang :

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membuat pindang ikan patin ala palembang adalah membersihkan ikan patin yang telah di sediakan kemudian anda potong hingga menjadi sekitar 5 bagian, lalu sisihkan. Langah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah haluskan terlebih dahulu bahan bumbu halus yang telah disiapkan tadi, rebuslah air yang telah disiapkan dengan beberapa bahan bumbu seperti jahe, lengkuas, serai, kunyit, dan juga bumbu halus tadi dan biarkan hingga mendidih. Setelah air rebusan tersebut mendidih, masukanlah ikan patin beserta bahan bumbu lainnya dan masak hingga ikan matang dan bumbu pun meresap ke dalamnya dengan menggunakan api kecil.

Setelah itu angkat dan sajikan masakan pindang ikan Palembang tersebut selagi hangat beserta nasi yang hangat juga. Demikian di atas tadi adalah sebuah resep pindang ikan Palembang khas Sumatera Selatan yang telah kita ketahui bersama, semoga resep makanan khas indonesia tersebut dapat menjadi informasi makanan yang bermanfaat serta dapat menambah koleksi resep masakan anda.

resep pindang ikan, resep ikan pindang, pindang ikan, cara membuat ikan pindang, resep ikan patin, resep pindang palembang, resep pindang patin
Resep Pindang Ikan Palembang | author | 4.5