Resep Ayam Rica-Rica

Resep ayam rica-rica yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini mungkin akan dicari oleh anda yang menyukai aneka masakan dengan citarasa yang pedas, ya, tentunya siapa yang tidak kenal dengan salah satu masakan daerah khas Indonesia yaitu ayam rica-rica yang berasal dari Manado. Citarasanya yang cenderung pedas akan selalu di buru oleh mereka yang memang menyukai berbagai macam kuliner khas daerah Indonesia yang memiliki rasa pedas, dan salah satunya adalah masakah khas daerah Manado yaitu ayam rica-rica. Karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa hampir berbagai macam masakan khas Manado akan memiliki citarasa yang pedas.

Resep Ayam Rica-Rica

Dan pada saat ini untuk dapat menyantap makanan ayam rica-rica tersebut tentunya anda pun tidak harus membelinya di berbagai rumah makan atau restoran khusus, karena bagi anda yang memang memiliki hobi memasak dapat membuatnya sendiri di rumah.

Dan di bawah ini adalah sebuah resep ayam rica-rica khas Manado yang dapat kita perhatikan bersama

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Ayam sebanyak 1 ekor yang sudah di potong-potong
  2. Daun jeruk nipis sebanyak 8 lembar
  3. Sereh sebanyak 2 batang kemudian digeprek
  4. Jahe sebanyak 1 batang kemudian di geprek
  5. Air putih secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya
  7. Penyedap rasa, gula, serta garam secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :

  1. Cabai rawit merah segar sebanyak 20 buah
  2. Cabai merah besar segar sebanyak 8 buah
  3. Bawang putih sebanyak 4 siung
  4. Bawang merah sebanyak 4 siung

Cara membuat ayam rica-rica khas Manado :

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggoreng seluruh ayam yang telah disiapkan tadi dengan api kecl hingga dalam kondisi setengah matang, angkat lalu tiriskan. Setelah itu haluskan seluruh bumbu halus yang telah disiapkan tadi bisa dengan menggunakan blender ataupun diulek menggunakan cobek, panaskan minyak secukupnya lalu masukan bumbu halus tadi dan tumis hingga mengeluarkan bau yang harum. Langkah selanjutnya adalah masukan ayam setengah matang yang telah digoreng tadi lalu aduklah hingga bercampur rata dengan bumbu halus tadi.

Dan langkah terakhir adalah dengan memasukan seluruh bumbu yang tersisa dan air putih secukupnya kemudian aduk hingga seluruhnya bercampur rata, masak hingga ayam benar-benar matang serta bumbu meresap dengan merata, setelah itu angkatlah dan sajikan selagi hangat. Demikian di atas tadi adalah sebuah resep ayam rica-rica khas Manado yang telah kita ketahui bersama dan dapat anda coba sendiri di rumah, semoga sebuah resep masakan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat serta dapat menambah koleksi resep masakan anda.

Resep Ayam Rica-Rica | author | 4.5