Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Sebuah resep makanan seperti resep ayam bakar bumbu rujak mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu varian dalam masakan yang berbahan dasar daging ayam, jika anda memang merasa bosan dengan sajian masakan seperti ayam goreng, ayam bakar bumbu kecap, ayam krispy, hingga berbagai masakan ayam lainnya. Maka ayam bakar bumbu rujak dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat, terlebih bagi anda yang memang gemar menyantap makanan dengan citarasa yang pedas. Resep ayam bakar bumbu rujak tersebut merupakan salah satu resep masakan ayam yang terkenal dari daerah Jawa Timur, dan untuk dapat memasak masakan ayam tersebut tentunya anda pun tidak lantas harus pergi kesana hanya untuk mencicipi masakan ayam tersebut.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Karena pada saat ini resep ayam bakar bumbu rujak tersebut tentunya sudah akan dengan mudah anda daptkan melalui berbagai situs atau website di internet. Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat salah satu makanan khas Jawa Timur tersebut, maka di bawah ini adalah sebuah resep ayam bakar bumbu rujak khas Jawa Timur yang dapat kita ketauhi bersama.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Ayam kampung sebanyak 1 ekor
  2. Daun jeruk sebanyak 3 lembar
  3. Serai sebanyak 2 batang
  4. Jahe sebesar kurang lebih 3cm
  5. Santan sebanyak 700ml (dari satu butir kelapa)
  6. Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan
  7. Dan minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus :

  1. Tomat merah sebanyak 1 butir (berukuran sedang)
  2. Bawang merah sebanyak 10 siung
  3. Bawang putih sebanyak 5 siung
  4. Cabai merah sebanyak 10 buah
  5. Kemiri sebanyak 5 butir
  6. Kunyit kurang lebih sebesar 1cm
  7. Gula merah sebanyak 2 sendok makan
  8. Garam sebanyak 1½ sendok teh
  9. Dan merica sebanyak ½ sendok teh

Cara membuat ayam bakar bumbu rujak :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan daging ayam kampung tersebut kemudian dipotong-potong sesuai dengan selera masing-masing, setelah itu lumuri seluruh ayam tersebut dengan air jeruk nipis dan biarkan beberapa saat agar meresap. Sambil menunggu jeruk nipis meresap pada daging ayam, haluskan seluruh bahan untuk bumbu halus yang telah disiapkan tadi dengan menggunakan blender lalu sisihkan. Langkah selanjutnya adalah membakar daging ayam tersebut hingga dalam kondisi setengah matang, lalu angkat dan sisihkan. Panaskan minyak goreng secukupnya lalu tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma yang harum, setelah itu masukan daun jeruk, serai, dan juga jahe kemudian aduk kembali, masukan santan dan tumis hingga santan mendidih dengan terus mengaduk-aduknya.

Setelah itu masukan ayam dan masak hingga bumbu tersebut meresap dan ayam menjadi lunak, balikan ayam sesekali untuk peresapan bumbu yang maksimal kemudian angkat dan tiriskan. Disaat akan menyajikannya, bakar kembali ayam tersebut yang disertai juga dengan olesan yang menggunakan bumbu tersebut, sajikan selagi hangat beserta dengan nasi dan lalapan. Cukup mudah bukan? Semoga sebuah resep ayam bakar bumbu rujak khas Jawa Timur tersebut dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan dapat menambah koleksi resep masakan anda.

resep ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar bumbu rujak
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak | author | 4.5