Resep Soto Kudus Asli

Resep soto Kudus asli yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini tentunya merupakan resep soto Kudus yang benar-benar asli, dan tentuya siapa yang tidak kenal dengan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki citarasa khas yang enak tersebut. Dan pada saat ini jika anda ingin menyantap salah satu kuliner khas Kudus tersebut tentunya tidak harus selalu mencarinya di berbagai rumah makan, karena resep untuk membuat makanan tersebut pada saat ini sudah dapat anda temukan dengan mudah di internet. Sehingga pada saat ini anda pun sudah dapat membuatnya sendiri di rumah dan menikmatinya bersama dengan keluarga anda.

Resep Soto Kudus Asli

Dan bagi anda yang membutuhkan resep soto Kudus asli tersebut, maka id bawah ini adalah sebuah resep soto Kudus asli yang dapat kita perhatikan bersama dan anda coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan untuk soto Kudus :

  1. Ayam sebanyak satu ekor lalu belah menjadi dua bagian
  2. Air sebanyak 1½ liter
  3. Jahe sebesar kurang lebih 3cm lalu memarkan
  4. Serai sebanyak 2 batang lalu memarkan
  5. Bawang putih sebanyak 3 siung kamudian iris hingga halus
  6. Minyak goreng sebanyak 3 sendok makan

Bahan bumbu unutk soto Kudus :

  1. Ketumbar utuh sebanyak 1 sendok teh
  2. Merica butiran sebanyak 1 sendok the
  3. Bawang merah sebanyak 5 siung
  4. Kunyit sebesar 2cm
  5. Dan garam secukupnya

Bahan pelengap untuk soto Kudus :

  1. Tauge sebanyak 50 gram
  2. Seledri sebanyak satu batang kemudian iris halus
  3. Jeruk nipis sebanyak 1 buah lalu belah menjadi empat
  4. Bawang goreng sebanyak 3 sendok makan
  5. Dan kecap manis sebanyak 3 sendok makan

Cara membuat soto Kudus :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memanaskan minyak goreng kemudian tumislah bawang putih hingga mengeluarkan aroma, masukan bumbu halus kemudian masukan juga serai dan juga jahe lalu tumis kembali hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu masukan ayam yang telah disiapkan tadi dan masaklah hingga ayam berubah warna, kemudian tuangkan air yang telah disiapkan dan masak hingga air mendidih dan ayam pun matang meresap dengan kondisi api kompor sedang. Jika ayam sudah matang lalu angkat dari kuah tersebut dan tiriskan, setelah itu gorenglah ayam tadi hingga garing dan renyah.

Suir daging ayam tersebut untuk disajikan bersama dengan bahan pelengkap untuk makanan tersebut yang tadi telah dipersiapkan terlebih dahulu. Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai resep soto Kudus asli yang telah kita ketahui bersama, semoga dapat membantu serta dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk anda semuanya.

resep soto kudus
Resep Soto Kudus Asli | author | 4.5