Resep Garang Asem Ayam

Bagi anda yang pada saat ini tengah mencari resep Garang Asem Ayam untuk dapat membuatnya sendiri di rumah, maka tentunya aplikasi tersebut sudah akan dengan mudah anda dapatkan di berbagai media seperti salah satunya yang mudah di dapatkan adalah di media online. Garang Asem Ayam merupakan sebuah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kudus Provinsi jawa Tengah, dan kuliner tersebut terkenal karena citarasanya yang memang enak dan juga unik, karena makanan tersebut merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging ayam yang kecil dengan citarasa asam, pedas, dan juga gurih. Maka dari itulah mengapa kuliner atau makanan khas Kudus tersebut diberi nama Garang Asem Ayam, karena memang sesuai dengan rasa yang dihidangkannya.

Resep Garang Asem Ayam

Dan bagi anda yang pada saat ini ingin membuatnya sendiri di rumah, maka di bawah ini adalah beberapa cara membuat dan juga resep Garang Asem Ayam khas Kudus, Jawa Tengah yang dapat kita ketahui bersama.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Ayam sebanyak 1 ekor lalu potonglah hingga menjadi sekitar 12 bagian
  2. Santan sebanyak 1500cc
  3. Lengkuas sebanyak kurang lebih 10 irisan tipis
  4. Belimbing wuluh sebanyak 10 buah lalu potong-potong sebesar 1cm
  5. Tomat hijau sebanyak 3 buah kemudian potong-potong
  6. Irisan cabe rawit sesuai dengan selera
  7. Jahe, sereh, serai, dan daun salam secukupnya
  8. Garam dan gula secukupnya
  9. Minyak goreng
  10. Dan daun pisang untuk membungkus

Bahan untuk bumbu irisan

  1. Bawang merah sebanyak 6 siung lalu iris tipis
  2. Bawang putih sebanyak 5 siung lalu iris tipis
  3. Cabe merah besar sebanyak 5 buah lalu potong serong sesuai selera
  4. Dan cabe hijau besar sebanyak 5 buah dan potong serong juga sesuai selera

Cara membuat Garang Asem Ayam khas Kudus, Jawa Tengah :

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menumis seluruh bumbu irisan yang telah disiapkan tadi hingga mengeluarkan bau yang harum, setelah itu masukan ayam, daun salam, gula, garam, jahe, lengkuas, serai, terakhir santan. Masaklah dan aduk hingga ayam sudah terasa empuk atau setengah matang. Sementara itu siapkan daun pisang yang telah di siapkan tadi untuk membungkus ayam, disarankan menggunakandaun pisang yang tebal agar tidak bocor, masukan ayam dengan takaran sesuai selera beserta sedikit kuahnya lalu tambahkan irisan tomat hijau, cabe rawit, dan belimbing wuluh yang telah disiapkan tadi lalu bungkuslah dengan bentuk yang sesuai dengan selera anda.

Dan langkah terakhir dalam pembuatan Garang Asem Ayam tersebut adalah dengan mengukusnya selama kurang lebih lima belas menit hinga benar-benar matang, setelah itu angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng. Demikian di atas tadi adalah sebuah resep Garang Asem Ayam khas Kudus, Jawa Tengah yang telah kita ketahui bersama, semoga resep dan cara di atas tadi dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.

resep garang asem ayam, tiny cc/x58, =>tiny cc/x58
Resep Garang Asem Ayam | author | 4.5