Penatalaksanaan Diabetes Mellitus

Penatalaksanaan Diabetes Mellitus

Penatalaksanaan diabetes mellitus. (Foto: Flickr)

Penatalaksanaan diabetes mellitus sebenarnya dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan kadar glukosa darah menjadi normal atau mendekati normal. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi pada pasien tersebut.

Pada umumnya penatalaksanaan diabetes mellitus pada penderita diabetes tipe 2 diawali dengan mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat. Dalam proses perubahan ini dapat anda lakukan dengan melakukan pola makan sehat yaitu dengan asupan serat yang cukup dan juga menghindari makanan yang mengandung lemak yang terlalu tinggi. Selain itu, pola hidup sehat juga dapat anda lakukan dengan meningkatkan aktifitas fisik sehingga hal ini dapat membuat berat badan anda ideal.

Langkah penatalaksanaan diabetes mellitus di atas harus terus anda lakukan karena penyakit diabetes mellitus memang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol. Jika dalam kurun waktu 2 hingga 4 minggu kadar gula darah anda tidak mengalami perubahan yang signifikan, maka untuk langkah selanjutnya anda harus mengkonsumsi obat untuk membantu menekan gula darah anda, yaitu dengan obat hipoglikemik oral (OHO) untuk membantu menurunkan kadar gula darah anda.

Untuk penatalaksanaan diabetes mellitus dengan obat hipoglikemik, sebaiknya anda lakukan jika perlu saja karena seperti yang kita ketahui bahwa obat-obatan kurang memberikan efek yang bagus untuk organ ginjal jika dikonsumsi secara berlebih. Tetapi jika dengan obat hipoglikemik, kadar gula darah anda tidak segera turun mencapai target gula darah mendekati normal, anda dapat menambah satu macam obat hipoglikemik atau dengan kata lain mengkombinasikannya atau anda juga dapat menambahkan injeksi insulin.

Nah, itulah uraian singkat yang dapat admin berikan mengenai penatalaksanaan diabetes mellitus. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda dan dapat membantu anda yang sedang melakukan terapi diabetes mellitus.

Penatalaksanaan Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5