Beberapa Makanan Yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting. Sebagian orang pada umumnya menganggap fungsi ginjal hanya sebagai penyaring darah dalam tubuh. Namun kenyataannya, ginjal memiliki banyak fungsi lain didalam tubuh. Beberapa fungsi ginjal, diantaranya mengontrol tekanan darah, menjaga keseimbangan tingkat elektrolit dalam tubuh serta menstimulasi produksi sel-sel darah merah.

Di zaman sekarang ini, sudah sangat banyak orang yang memiliki sakit ginjal ( gagal ginjal ). Oleh karena itu, banyak juga sebagian masyarakat dari perekonomian rendah menjual organ ginjal mereka. Organ ginjal pada tubuh manusia memang ada 2, tapi jika kesehatannya tidak dijaga maka akan fatal akibatnya.

Adapun beberapa makanan yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal, diantaranya :

kesehatan ginjal

  1. Paprika Merah

Paprika merah merupakan salah satu bumbu dapur untuk menambah rasa serta aroma pada masakan. Selain dari itu, paprika juga memiliki fungsi dalam tubuh, yaitu untuk membersihkan darah yang dapat membantu penderita gagal ginjal.

  1. Putih Telur

Bagi penderita gagal ginjal, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein serta kandungan fosfor rendah. Oleh karena itu, putih telur sangat baik bagi penderita gagal injal. Sebaliknya, penderita gagal ginjal harus menghindari konsumsi kuning telur.

  1. Kembang Kol

Karena kandungan glucosinolates, indoles serta tiosianat yang terdapat dalam kembang kol sangat banyak. Sehingga kembang kol dapat dianggap sebagai musuh dari senyawa racun dalam tubuh. Adapun caranya dengan merebus kembang kol, kemudian menambahkan garam dan merica secukupnya.

  1. Kubis

Kubis merupakan salah satu dari jenis sayuran yang memiliki sumber fitokimia terbaik yang efektif dalam mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi penderita gagal ginjal sangat dianjurkan dalam menkonsumsi sayuran ini secara mentah.

  1. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang merupakan sumber protein terbesar dan terbaik. Bahkan menurut berbagai penelitian menyatakan, protein yang terdapat dalam ikan merupakan sumber protein terbaik dari semua jenis makanan.

  1. Jus Buah

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan fitokimia, yang memiliki fungsi untuk mengatasi limbah atau racun yang berada dalam tubuh. Dalam meminum jus, pilihlah dari buah yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Sebab sangat baik bagi penderita gagal ginjal atau Mereka yang harus mencuci darah.

Demikianlah beberapa makanan yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi secara rutin dan teratur.

Beberapa Makanan Yang Bermanfaat Menjaga Kesehatan Ginjal | admin | 4.5