Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Mengapa pergelangan kaki dan kaki saya jadi bengkak saat hamil?

Apa yang Anda alami itu adalah edema – saat itulah kelebihan cairan dalam jaringan tubuh Anda terkumpul. Bengkak kaki saat hamil ini normal terjadi saat kehamilan karena tubuh Anda mempertahankan lebih banyak air. Perubahan kimia darah juga menyebabkan beberapa cairan bergeser ke dalam jaringan Anda.

Selain itu, ketika anda hamil, maka rahim Anda mulai berkembang besar sehingga menekan pembuluh darah pada vena di panggul Anda dan juga vena kava (pembuluh darah besar yang ada di sisi kanan tubuh yang tugasnya membawa darah dari kaki bagian bawah kembali ke jantung). Tekanan darah akan memperlambat kembalinya darah dari kaki Anda, yang akan menyebabkan cairan terkumpul dan memaksa cairan dari pembuluh darah Anda masuk ke dalam jaringan kaki dan pergelangan kaki.

Untuk alasan ini, edema atau kaki bengkak saat hamil ini umumnya terjadi waktu trimester ketiga. Hal ini bisa jadi masalah berat untuk wanita yang cairan ketubannya berlebihan atau wanita yang hamil kembar. Masalah Edema ini jadi makin buruk pada malam hari dan juga kalau sedang udara panas.

Setelah Anda melahirkan bayi Anda, biasanya masalah pembengkakan kaki selama kehamilan akan hilang karena tubuh Anda mu;ai kehilangkan kelebihan cairan. Biasanya Anda akan jadi sering buang air kecil dan berkeringat lebih banyak pada hari pertama setelah melahirkan.

Kapan saya harus khawatir tentang masalah bengkak kaki saat hamil ini?

Masalah pembengkakan kaki saat hamil biasanya normal terjadi di mata kaki dan juga kaki selama kehamilan. Anda juga mungkin bisa mengalami beberapa pembengkakan ringan di tangan Anda.
Hubungi dokter atau bidan jika Anda mengalami pembengkakan di wajah Anda atau bengkak di sekitar mata Anda yang lebih besar jika dibandingkan dengan pembengkakan yang sedikit tangan Anda. Atau jika anda melihat terjadi pembengkakan berlebihan atau tiba-tiba di kaki atau pergelangan kaki. Ini bisa jadi suatu tanda komplikasi yaitu tanda-tanda preeklamsia, suatu kondisi kehamilan yang serius.

Juga hubungi dokter jika Anda memperhatikan ternyata satu kaki terlihat lebih bengkak dari kaki satunya, apalagi kalau anda merasa nyeri di paha atau betis. Ini bisa saja menandakan terjadi gumpalan darah, kondisi yang cukup serius.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Apa yang bisa saya lakukan untuk meminimalkan masalah bengkak tersebut?

Untuk mengatasi masalah bengkak kaki selama hamil ini, anda bisa melakukannya dengan cara membantu meringankan tekanan darah yang meningkat pada pembuluh darah Anda dengan jalan berbaring pada sisi kiri Anda. Oleh karena pembuluh vena cava itu adanya disebelah kanan tubuh Anda, maka silakan bertumpu pada sisi tubuh kiri Anda.

Ini dia  tips dan cara untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil:

  • Naikkanlah kaki Anda. Apabila anda ada di tempat kerja, anda bisa menopangnya dengan tumpukan buku di bawah meja Anda.
  • Usahakan untuk tidak menyilangkan kaki sambil duduk.
  • Seringlah regangkan kaki ketika duduk: Regangkan kaki arah keluar, tumit pertama, dan dengan lembut lenturkan kaki Anda untuk regangkan otot betis Anda. Putar pergelangan kaki dan menggoyangkan jari-jari kaki Anda.
  • Istirahatlah sejenak dari duduk atau berdiri. Berjalan kaki yang singkat dapat membantu untuk menjaga darah dari penyatuan di kaki bagian bawah.
  • Pakai sepatu yang nyaman dan membentang untuk mengakomodasi pembengkakan di kaki Anda.
  • Hindari pakai kaus kaki atau stoking yang ketat di sekitar pergelangan kaki atau betis anda.
  • Minumlah banyak air. Walaupun sepertinya aneh, namun minum yang banyak mampu menahan pembengkakan.
  • Berolahragalah yang rutin dan teratur, misalnya berjalan, naik sepeda, aerobik atau berenang.
  • Makan makanan yang sehat jangan makan junk food.

Jangan biarkan adanya masalah bengkak kaki saat hamil ini membuat anda malah down. Kaki yang jadi besar karena bengkak mungkin akan membuat anda canggung dan malu, akan tetapi bengkak kaki saat hamil adalah kondisi yang sementara dan nanti akan hilang segera setelah Anda melahirkan.

kaki bengkak saat hamil, Kaki bengkak saat hamil tua, betis bengkak, alergi sandal karet, apakah sandal karet penyebab alergy, penyebab kaki bengkak tiba tiba, wajah bengkak saat hamil
Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil | rumahsehat | 4.5