Penyebab Utama Gigi Sensitif

Ketika kita mengkonsumsi makanan panas, es dan makanan asam, seringkali gigi merasa ngilu dan sakit, dan Penyebab Utama Gigi Sensitif ini bisa dikarenakan adanya lapisan dentin dibawah email gigi yang terbuka. Dentin ini merupakan lapisan dalam pada gigi yang memiliki wana kekuningan, atau kecoklatan. Lapisan dentin ini memiliki sistem tubular yang mengarah pada baagian dalam pulp. Sedangkan pulp ini merupakan tempat dimana ujung saraf gigi berada, dan rasa sakit yang sering dirasakan setiap orang karena gigi sensitif ini yaitu terjadi pada ujung syaraf tersebut. Rasa nyeri yang ditimbulkan ini karena syaraf tersebut tersentuh, dan rasa sakit yang terjadi pada syaraf di gigi ini diakibatkan karena beberapa hal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama gigi sensitif :

  • Cara menyikat gigi yang tidak baik – faktor pertama penyebab gigi sensitif tersebut yaitu bisa karena cara menyikat gigi yang salah. Menyikat gigi yang terlalu kuat serta penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang terlalu kasar dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif. Oleh karena itu pilihlah bulu sikat yang halus agar tidak dapat melukai gigi dan gusi anda.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam – hal lain yang dapat menyebabkan gigi anda menjadi sensitif yaitu makanan-makanan yang terlalu asam seperti makanan yang mengandung cuka dan sebagainya. Rasa asam ini dapat membuat gigi ngilu dan akhirnya akan terjadi gigi yang sensitif.
  • Pasta gigi yang mengandung pemutih – sekarang ini banyak anda temui berbagai macam produk pasata gigi yang menambahkan bahan kimia untuk produk pasata gigi pemutih. Apabila pemakaian pasta gigi tersebut membuat gigi anda menjadi lebih sensitif, beralihlah pada produk pasta gigi yang lain agar tidak terjadi gigi sensitif yang semakin parah.
  • Pemakaian obat kumur – para pengguna obat kumur ini lebih beresiko terhadap gigi sensitif. Karena sebagian obat pemutih ini mengandung alkohol dan bahan kimia yang dapat memicu terjadinya gigi sensitif tersebut.

Itulah beberapa Penyebab Utama Gigi Sensitif yang dapat kami sampaikan dalam artikel di atas, semoga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi anda dengan baik.

Penyebab Utama Gigi Sensitif | | 4.5