Diet Sehat Saat Hamil

Banyak orang yang berangapan, ketika sang ibu sedang mengandung maka sang ibu tidak boleh membatasi asupan makanan atau yang biasa kita sebut diet, namun ternyata pada saat hamil anda masih boleh diet asalkan anda menjalankan pola diet sehat saat hamil. Namun masih banyak para calon ibu yang khawatir akan diet ketika pada saat sedang hamil. Hal ini dikarenakan semenjak dulu ada beberapa istilah ataupun pemberitaan bahwa pada saat kita sedang hamil, maka sang ibu harus makan untuk berdua.

Secara garis besar, memang ketika sedang hamil sang ibu akan berbagi nutrisi yang dikonsumsinya dengan sang bayi, namun yang perlu diperhatikan disini adalah berbagi nutrisi bukan berbagi makanan. Menyantap makanan yang banyak namun tidak mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi juga membuat sang bayi akan kekurangan nutrisi.

Jadi jika kita dapat menyimpulkan, sang ibu boleh saja berdiet asalkan asupan nutrisi pada sang bayi dapat terpenuhi. Bagaimana caranya? Caranya anda harus melakukan diet yang tepat atau sering kita dengan istilah diet sehat saat hamil. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika sedang melakukan diet sehat untuk ibu hamil ini.

Mari kita lihat beberapa point penting ketika sedang melakukan diet sehat saat hamil dibawah ini

  • Jangan lupa untuk sarapan – pada saat hamil, terkadang pada pagi hari sang ibu sering merasa mual dan pusing sampai akhirnya melewatkan sarapan. Hal itu sebaiknya dihindari, karena selain akan menyebabkan mual dan pusing yang terus menerus, melewatkan sarapan juga akan memacu keinginan ngemil anda semakin besar. Pilihlah makanan kering agar mengurangi rasa mual anda seperti sereal dan yang lainnya.
  • Pilihlah makanan yang berserat – serat sangat baik untuk pencernaan, selain itu kebutuhan serat pada saat ibu sedang hamil memang cukup tinggi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghadirkan sayuran segar dalam menu makanan anda dan juga buah-buahan tentunya. Hindari makanan manis agar anda tidak terpacu untuk mengemil terus, karena hal itu akan membuat anda terus merasa lapar. Makanan yang berlemak juga sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk anda, seperti gorengan, snack dan jeroan.
  • Air Putih – ini sangat harus dilakukan untuk para ibu hamil, ketika seorang diri saja kita memang harus mengkonsumsi air putih minimalnya 8 gelas perhari, tentu saja ketika hamil hal ini memang harus dilakukan.
  • Makanan direbus yes, makanan digoreng No – seperti yang kita ketahui, makanan yang digoreng selain akan membuat kandungan nutrisinya berkurang, tentu membawa lemak tak jenuh dari minyak. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dan menyantap makanan yang direbus dan dikukus.

Itulah beberapa tips ringan untuk melaksanakan diet sehat saat hamil, semoga kehamilan Anda dapat lancar dan tidak menempuh masalah apapun.

Diet Sehat Saat Hamil | | 4.5