Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Pada jaman yang serba modern seperti sekarang ini tidak jarang kadar kolesterol kita dapat naik secara tiba-tiba, oleh karena itu bagi kita semua sebaiknya mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi. Sebab kolesterol yang tinggi dapat juga menyebabkan hingga kematian. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyumbatan pembuluh darah yang akhirnya dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Sebenarnya kolesterol itu sendiri merupakan sebuah senyawa lemak yang dihasilkan oleh organ hati sekitar 80% dan juga organ tubuh yang lainnya, namun dengan jenis makanan yang pada saat ini banyak terdapat dipasaran kadar kolesterol pada darah dapat naik dengan cepat. Kolesterol sendiri mempunyai peranan yang cukup penting dalam tubuh yaitu untuk membantu tubuh membentuk dinding sel.

Kadar kolesterol normal pada tubuh pada umumnya adalah sekitar 160-200 mg, jika kadar kolesterol anda lebih tinggi dari itu, anda sudah mempunyai kolesterol yang cukup tinggi, terlebih jika kadar kolesterol anda sudah mencapai 240mg maka kadar kolesterol anda sudah cukup berbahaya. Untuk mengetahui tingginya kadar kolesterol dalam darah, pemeriksaan dapat dilakukan dengan test darah. Namun ada tubuh juga dapat memberikan tanda-tanda kolesterol tinggi. Ada beberapa tanda yang dapat menjadi petunjuk bahwa kadar kolesterol dalam darah anda sedang tinggi, berikut tanda-tandanya :

  • Kesemutan – kesemutan memang menunjukan adanya ketidaklancaran aliran darah yang sering dialami tangan dan kaki, namun jika gejala kesemutan ini sering terjadi pada anda, mungkin anda harus sedikit waspada kolesterol anda sedang tinggi.
  • Pundak dan tenguk – rasa pegal dan juga pundak yang terasa berat jangan dianggap ringan atau biasa, untuk kasus sederhan mungkin gejala tersebut memang hanya gangguan otot semata atau aliran darah yang tidak lancar, namun anda juga harus mewaspadai jika aliran darah yang tidak lancar tersebut dikarenakan tingginya kolesterol darah anda.
  • Dada sebelah kiri – pada dada sebelah kiri memang terdapat organ tubuh yang sangat vital yaitu jantung. Jika dada sebelah kiri anda terasa nyeri seperti tertusuk hal itu, dapat diartikan bahwa ada penyumbatan pada organ jantung anda yang mungkin disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol, hal ini juga dapat menjadi pemicu penyakit jantung.
  • Sering pusing – pusing sudah menjadi penyakit harian, namun jika anda sering mengalami pusing pada bagian belakang kepala hal itu harus diwaspadai karena kadar kolesterol yang tinggi.

Itulah tanda-tanda kolesterol tinggi pada tubuh anda, jika anda sering mengalami hal tersebut jangan ragu untuk memeriksakan kedokter, ingat kesehatan anda lebih penting.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi | | 4.5