8 Ciri-Ciri Awal Kehamilan

8 Ciri Pada Awal Kehamilan

Ciri-Ciri Hamil. Apakah anda bertanya2 sedang hamil tidak yah? Tes kehamilan adalah salah satu cara ampuh dan cukup akurat untuk mengetahui sedang hamil atau tidak. Akan tetapi gimana bila tes kehamilan itu terlalu cepat untuk dapat hasil yang akurat? Apa bisa melihat dari  ciri ciri hamil seperti mual, cepat lelah, sering buang air kecil, dan juga nyeri payud4ra. Berikut ini beberapa saran dari para ahli untuk mengetahui beberapa gejala awal jika Anda merencanakan untuk hamil.

1. Kelelahan

Jika anda mengalami perasaan kelelahan yang tidak bisa anda jelaskan mungkin ini adalah tanda yang paling umum dari awal kehamilan.

2. Keengganan terhadap Makanan

Jika anda buka lemari es anda dan ketika anda melihat makanan favorit anda ternyata membuat anda jadi mual mau muntah, maka Anda mungkin hamil. Banyak ibu yang hamil muda menyatakan kalau mual dengan makanan tertentu merupakan salah satu tanda-tanda awal kehamilan. Hal Ini karena meningkatnya kadar hormon hCG dalam tubuh.

3. Sensitivitas terhadap Bau

Aroma yang tidak menyenangkan dan bahkan juga yang menyenangkan (seperti parfum pasangan Anda) bisa buat Anda jadi merasa mual pada tahap awal kehamilan ini. Hal ini karena ada peningkatan kadar hormon. Tidak ada yang dapat Anda lakukan selain menghindari bau-2an tersebut agar tidak mual.

4. Mual dan Muntah

Mual-mual dan muntah adalah salah satu petunjuk awal bahwa sedang hamil, mual-mual ini suatu umum dalam tanda-tanda hamil muda. Mual2 ini disebabkan oleh meningkatnya hormon pada awal kehamilan.

Salah satu hal yang bisa membantu wanita hamil untuk melewati trimester pertama dengan baik adalah biasanya rasa mual dan muntah akan hilang setelah 19 minggu. Resepnya adalah jangan biarkan perut Anda terlalu kosong. Anda bisa menyiapkan cemilan ringan didekat anda untuk menjaga perut tidak terlalu kosong. Makan permen rasa Lemon atau peppermint  juga bisa mengurangi rasa mual.

Vitamin prenatal diketahui juga bisa memicu rasa mual pada beberapa calon ibu. Banyak wanita hamil yang merasa lebih baik jika makan vitaminnya pada malam hari atau pada saat makan malam.

Jika mual2 dan muntah terus berlanjut, anda bisa konsultasikan ke dokter Anda untuk menanyakan pilihan pengobatan.

5. Pembengkakan dan Nyeri Buah d4da

Perubahan pada buah dada adalah salah satu juga tanda tanda awal kehamilan lain.Rasanya seperti mau PMS, namun mungkin lebih bengkak dan terasa lebih lembut.

6. Sering buang air kecil

Pada tahap awal kehamilan, rahim mulai berkembang dan dapat mendorong kandung kemih, dan memicu dorongan untuk jadi lebih sering buang air kecil. Memang tidak ada cara lain untuk menghindari sering buang air kecil ini, tapi jika anda bisa pergi ke kamar mandi sebelum anda tidur dapat menolong anda agar lebih banyak tidur.

7. Sesak Nafas

Beberapa ibu yang hamil muda bisa merasa agak sesak napas untuk pertama kali hamil dan terkadang berlanjut selama kehamilan. Ini disebabkan oleh kebutuhan extra akan oksigen untuk perkembangan janin anda. Konsultasikan ke dokter jika Anda merasa khawatir akan hal2 berikut:

  • Anda jadi mendadak merasa sesak napas yang tidak berhubungan dengan olahraga.
  • Anda merasakan sakit saat bernapas.
  • Merasakan sesak napas yang lebih buruk ketika Anda berbaring.

8. Perubahan Fisik

Pada awal-awal kehamilan bisa terjadi perubahan warna pada MissV dan berambahnya kelembutan leher rahim dan biasanya dokter yang berpengalaman bisa mengidentifikasi ketika melakukan pemeriksaan panggul.

Dari semua gejala awal kehamilan diatas, ciri-ciri hamil yang paling mudah dikenali adalah ketika anda terlambat mens selama beberapa hari atau minggu, apalagi jika anda sebelumnya selalu tepat waktu datang bulannya. Sekian sekilas ulasan kami ini, semoga bisa anda ambil manfaatnya. terima kasih.

8 Ciri-Ciri Awal Kehamilan | rumahsehat | 4.5