Panduan Meningkatkan Berat Badan Bayi dari Bulan ke Bulan pada Tahun Pertama

Panduan Meningkatkan Berat Badan Bayi dari Bulan ke Bulan pada Tahun Pertama

Membantu bayi Anda meningkatkan berat badan selama tahun pertama hidupnya bisa cukup sulit. Inilah yang harus anda ketahui tentang bagaimana cara meningkatkan berat badan bayi Anda, tentang bagaimana memastikan bayi agar memenuhi rekomendasi dokter untuk makanan dan berat dalam rentang bulan yang tepat, dan bagaimana untuk menjaga kesehatan bayi dalam proses perkembangan.

Bayi Usia 1 sampai 4 Minggu
Pada bayi usia 1 – 4 minggu ini akan lebih halus dari sebelumnya. Anda jangan terlalu khawatir jika bayi kehilangan beberapa ons setelah kelahirannya. Bayi yang sehat akan mendapatkan kembali berat badannya dalam waktu 10-12 hari dan akan kembali ke berat lahir nya.

Konsultasikan dengan dokter Anda jika bayi tampaknya memiliki reaksi alergi atau sensitif terhadap ASI karena bisa saja bayi anda mungkin bereaksi terhadap sesuatu yang Anda makan atau sensitif terhadap susu formula.

Bayi Usia 1 Bulan
Dari usia bayi satu bulan s.d 6 bulan, bayi mungkin akan tumbuh satu inci tiap bulan dan akan mendapatkan kenaikan berat badan 5-7 ons seminggu. Jika asupan gizi berhasil, bayi Anda akan terus mendapatkan berat badan.

Bayi Seharusnya Makan: ASI atau susu formula. Tidak mungkin untuk menentukan berapa banyak susu yang dibutuhkan bayi untuk masing-masing untuk ibu menyusui. Bayi pada usia ini harus disusui delapan sampai 12 kali sehari atau sekitar tiap 2 s.d 3 jam.

Bayi Usia 2 Bulan
Bayi harusnya akan terus meningkat berat badannya setiap minggunya. Jika Anda khawatir terjadi akan kelebihan ASI, Perhatikanlah pada jumlah ASI yang dia minum dengan memompa dan memberi asinya dari botol. Dalam beberapa kasus, bayi mungkin tidak menyusui dengan benar, atau Anda mungkin tidak memberikan ASI yang cukup. Jika Anda terus mengalami masalah yang sama, pergilah ke konsultan laktasi atau dokter anak Anda untuk mengetahui bagaimana untuk membantu memastikan bahwa bayi bisa makan dengan baik.

Jangan mulai memperkenalkan makanan bayi selain ASI sampai ia berusia minimal 4 bulan karena makanan utama bayi sampai 4 bulan adalah Air susu Ibu (ASI), lebih bagus lagi kalau bisa minimal 6 bulan ASI Eksklusif. Melakukan hal ini terlalu cepat dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi bayi anda.

Bayi Usia 3 Bulan
Pada usia 3 bulan ini, bayi Anda akan mulai mulai meningkat berat badannya dari sekitar 6 ons per minggu sampai sedikit kurang dari 4 ons. Ini berarti bahwa ia akan mendapatkan sekitar 0.9 KG bulan ini, dan setiap bulan mengikuti sampai tujuh bulan.

Bayi Usia 4 bulan
Sekitar 4 bulan bayi Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa dia siap untuk makanan padat. Beberapa indikator adalah: dia bisa menahan kepalanya, dia bisa duduk sambil disangga, dan dia akan mulai menunjukkan minat pada apa yang Anda makan. Transisi dari cair ke padat adalah salah satu yang rumit, jadi jangan memaksa bayi untuk makan jika dia tidak siap.

Bayi Usia 5 Bulan
Pada 5 sampai 6 bulan usia, bayi seharusnya dua kali lipat berat badan baru lahir. Bayi Anda seharusnya melakukan check-up sekitar usia ini, jadi tanyakan kepada dokter Anda jika bayi beresiko untuk menjadi kurus dan mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu berat badan nya.

Bayi Usia 6 Bulan
Mulai usia 6 bulan, bayi akan tumbuh sekitar setengah inci per bulan dan mendapatkan peningkatan berat badan 3-5 ons seminggu.

Pada usia ini anda bisa memberikan makanan berupa campuran Sayuran, buah-buahan, kemudian tambahkan daging bubur. Diare atau ruam adalah indikator sensitivitas makanan. (Perhatikan bahwa bayi sering membutuhkan paparan makanan hingga tujuh kali sebelum dia akan mendapatkan gejala alergi.) Anda masih harus  memberinya ASI dan / atau susu formula.

Bayi Usia 7 Bulan
Berat badan bayi akan stabil meningkat 1 kg sebulan. Konsultasikan dengan dokter Anda jika bayi tidak mendapatkan setidaknya 1-1.5 kg bulan ini atau bulan kemudian. Sebalikanya jika berat badan bayi anda meningkat 6 kg dalam sebulan sebaiknya konsultasikan juga ke dokter, untuk periksa gejala obesitas.

Pada bulan ini anda dapat menambhakan menu seperti daging, sayuran, dan buah-buahan. Bayi sekarang harus mampu menangani makanan yang lebih tebal, sehingga buat beberapa dadu kecil dalam buah-buahan dan sayuran baginya.

Usia Bayi 8 Bulan
Bayi seharusnya mendapatkan tambahan berat tiga kali lipat berat badan lahir pada umur 1 tahun.

Bayi Seharusnya Makan: ASI atau susu formula bersama dengan beberapa makanan. Jika ia tampaknya akan mengalami kesulitan, meskipun, menempel pencampuran sayuran dan buah-buahan dengan daging dipotong kecil.

Bayi Usia 9 Bulan
Untuk menjaga berat badan bayi anda, berikanlah makan anak Anda makanan ringan seperti orak-arik telur, potongan sayuran kukus, atau potongan kecil roti setiap dua sampai empat jam. Bayi yang sering ngemil cenderung memiliki asupan nutrisi yang lebih baik dan berat bayi lebih sehat dibandingkan yang tidak.

Pada usia ini bayi biasanya makan sereal bayi, buah potong dadu seperti kiwi atau pisang, bersama dengan makanan lunak (atau bubur) sayuran dan daging.

Bayi Usia 10 Bulan
Ketika bayi Anda menjadi aktif, berat badannya mungkin tanpa perubahan. Bayi mungkin akan merayap di seluruh lantai dapur Anda dan mencoba untuk berdiri dengan bantuan meja, kursi, atau kaki Anda. Merangkak membakar banyak kalori, jadi jangan berharap dia untuk mendapatkan lebih dari satu pon atau dua bulan ini karena ia mulai stabil.

Pada usia ini anda dapat memperkenalkan sayuran hijau, buah-buahan yang lebih keras seperti apel potong dadu kecil pada bayi anda. Bayi Anda masih minum ASI atau susu formula pada tahap ini.

Bayi Usia 11-12 Bulan
Bayi akan segera mengambil langkah-langkah pertamanya. Dua bulan ini merupakan hadiah terbesar untuk semua kerja keras Anda. Menyusu malam hari tidak akan sepenuhnya hilang, tetapi biasanya akan berkurang. Pada ulang tahun pertama bayi Anda, ia kemungkinan besar akan memiliki tiga kali lipat dari berat badan bayi ketika lahir.

cara menaikan berat badan bayi 2 bulan, cara menaikkan berat badan bayi 2 bulan, cara menambah berat badan bayi 2 bulan, cara menambah berat badan bayi 1 bulan, cara menaikkan berat badan bayi 3 bulan, susu formula untuk menambah berat badan bayi 0-6 bulan, agar berat badan bayi cepat naik dengan asi
Panduan Meningkatkan Berat Badan Bayi dari Bulan ke Bulan pada Tahun Pertama | rumahsehat | 4.5