Cara Mengatasi Stress Saat Belajar

Stress tidak hanya terjadi pada sebagian orang dewasa saja, stress pada pekerjaan atau berbagai masalah lainnya, para pelajar juga tidak jarang merasa stress pada saat belajar, terutama ketika menghadapi ujian, ada beberapa cara mengatasi stress saat belajar dengan berbagai cara yang positif. Jangan terlalu terbebani dengan pelajaran yang membuat anda stress, luangkanlah waktu bersama teman-teman dengan mengisi berbagai hal positif. Kegiatan diluar lingkungan sekolah yang bersifat positif juga merupakan suatu proses pembelajaran. Hindari stress tersebut dan mengatasinya dengan cara yang tepat.

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi stress saat belajar:

  • Lakukanlah meditasi atau relaksasi – untuk mengatasi stress ini cara yang paling efektif yaitu relaksasi. Sebab cara ini dapat membantu seseorang untuk menjernihkan pikiran dan berkonsentrasi pada ketenangan. Dengan melakukan meditasi selama kurang lebih 15 menit dapat memberikan efek positif yang sangat baik bagi tubuh anda. Untuk melakukannya, mulailah dengan posisi duduk tegak dan kosongkan pikiran anda. Dengan melakukan relaksasi ini dapat membantu anda untuk melipakan pikiran-pikiran yang menyebabkan stress.
  • Luangkan waktu untuk berkumpul – selain dengan melakukan cara meditasi, berkumpul bersama keluarga dan teman juga bisa menjadi cara lain untuk menghilangkan stress. Meluangkan waktu yang menyenangkan untuk belajar ditempat-tempat yang nyaman, atau anda bisa pergi hang out bersama teman-teman untuk menghindari kejenuhan yang membuat anda stress.
  • Belajar secara berkelompok – bila anda stress ketika belajar sendiri, sebaiknya anda belajar bersama teman secara berkelompok. Cara ini dapat membantu anda menghilangkan rasa jenuh ketika belajar, belajar akan lebih menyenangkan bila bersama dengan temen-teman atau ditemani keluarga anda.
  • Tersenyum – cara yang sangat mudah ini dapat mengatasi stress, dengan tersenyum ini dapat membuat otot-otot utama pada wajah lebih relaks. Stress akan hilang jika anda merasa senang dengan tersenyum.
  • Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat – stress ini bisa disebabkan juga karena kurang istirahat. Istirahatlah yang cukup selain itu konsumsi juga makanan yang bergizi seperti buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin sehingga dapat membuat tubuh anda selalu sehat.

Demikianlah beberapa cara mengatasi stress saat belajar yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar | | 4.5