Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Saat Hamil

Pada bulan ramadhan semua umat muslim menjalankan ibadah puasa, untuk sebagian ibu hamil sudah dilakukan penelitian bahwa berpuasa pada saat hamil tidak akan mempengaruhi kehamilan, namun tetap saja kesehatan pada janin harus tetap baik berdasarkan pemeriksaan dokter, dengan tips aman dan nyaman berpuasa saat hamil mungkin dapat membantu anda menjalankan puasa yang baik pada saat masa kehamilan. Waktu yang tepat untuk menjalankan puasa bagi ibu hamil ini yaitu ketika kondisi sudah tidak mengalami mual dan muntah. Sebaiknya anda melakukan puasa ketika kehamilan sudah memasuki usia 16-18 minggu. Selama menjalani puasa pada saat hamil ini, anda harus memperhatikan asupan gizi yang cukup agar kondisi janin tetap sehat.

Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa tips aman dan nyaman berpuasa saat hamil :

  • Ketika sahur – pada saat makan sahur pilihlah makanan yang banyak mengandung protein dan lemak seperti telur, dan makanan biji-bijian. Terutama sayuran lainnya yang mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan janin anda selama berpuasa. Selain itu hindari mengkonsumsi makanan yang manis saat sahur, karena makanan manis ini akan membuat anda merasa cepat lapar dan tubuh menjadi cepat lemas.
  • Perbanyak konsumsi air putih – kebutuhan air putih selama berpuasa harus tetap terpenuhi, anda dapat mengkonsumsi air putih sebanyak 3 gelas selama sahur dan pada saat berbuka nanti konsumsilah 5-7 gelas air putih. Selain air putih, usahakanlah untuk mengkonsumsi susu khusus untuk ibu hamil pada saat sahur maupun setelah berbuka puasa. Susu ini untuk menjaga daya tahan tubuh anda dan janin selama menjalani puasa.
  • Ketika berbuka puasa – awalilah buka puasa anda dengan mengkonsumsi makanan yang hangat dan manis, seperti kolak, kurma atau teh manis sehingga makanan ini mudah diserap oleh tubuh dengan cepat, hindari untuk mengkonsumsi air dingin, sebab makanan atau minuman dingin ini dapat menurunkan kerja lambung, sedangkan pada saat berbuka lambung harus bekerja kerasa untuk menghasilkan energi dengan cepat.
  • Setelah shalat magrib – setelah anda melakukan shalat magrib, mulailah konsumsi makanan dalam porsi yang besar, namun tidak terlalu berlebihan. Makan dalam jumlah yang berlebihan ini akan membuat tubuh anda lemas, oleh karena itu makanlah secukupnya. Setelah anda shalat tarawih, makanlah meskipun hanya sedikit.

Demikianlah tips aman dan nyaman berpuasa saat hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Saat Hamil | | 4.5