Penyebab Gusi Berdarah

Ketika menyikat gigi sering kali terjadi pendarahan pada gusi, penyebab gusi berdarah ini biasanya adalah tanda penyakit gusi. Akan tetapi penyebab gusi berdarah ini tidak hanya karena penyakit gusi saja, ada beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan gusi berdarah. Untuk mencegah gusi berdarah ini sebaiknya anda harus selalu menjaga kebersihan gusi dan mulut. Untuk itu kami akan menyampaikan beberapa penyebab dari gusi yang berdarah ini.

Penyebab Gusi Berdarah

Inilah beberapa penyebab gusi berdarah tersebut :

  • Radang gusi – salah satu penyebab gusi berdarah ini bisa terjadi karena gusi yang sedang mengalami peradangan. Jika masalah radang gusi ini tidak ditangani dengan serius, maka akan menjadi penyakit yang serius. Hal ini merupakan kondisi kronis yang disebabkan oleh bahan lengket yang berasal dari bakteri atau sisa sisa makanan yang menempel, karang gigi dan disebabkan oleh efek jangka panjang dari plak.
  • Kurang menjaga kebersihan mulut – penyebab utama gusi berdarah ini karena kurang menjaga kebersihan mulut yang mengakibatkan gusi bengkak dan berdarah. Menyikat gigi hanya membersihkan seluruh rongga mulut anda, sebaiknya anda gunakan juga mouthwash untuk menghilangkan plak pada gigi.
  • Penyakit periodontal – ketika gingivitis tidak diobati dengan baik, maka akan memicu terjadinya penyakit periodontal. Penyakit periodontal ini bekerja dengan cara menyebar melalui jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Hal ini bisa anda lihat dengan timbulnya nanah pada bagian gusi dan gigi.
  • Kehamilan atau perubahan hormonal – penyebab gusi berdarah yang lainnya bisa juga karena perubahan hormonal pada masa kehamilan. Ketika hamil, gusi akan menjadi lebih sensitif yang sering disebut dengan gingivitas kehamilan. Hal ini disebabkan karena fluktuasi kadar hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi dan jaringan lainnya di tubuh. Pada saat hamil sangat rentan terhadap infeksi periodontal karena hormon-hormon kehamilan yang mempengaruhi respon normal tubuh terhadap bakteri.
  • Gangguan pendarahan – idiopatik thrombocytopenic purpura merupakan suatu gangguan pendarahan yang paling serius yang terjadi pada saat gusi beerdarah. Gusi berdarah ini bisa juga karena ketidakmampuan darah untuk membeku yang mengakibatkan mulut sering mengalami pendarahan pada gusi.

Demikianlah beberapa penyebab gusi berdarah yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Penyebab Gusi Berdarah | | 4.5