Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tips merawat bayi baru lahir semoga dapat membantu anda dalam melakukan perawatan pada bayi anda. Umumnya ibu yang baru pertama kali melahirkan tidak begitu mengerti tentang perawatan pada bayi. Terkadang untuk perawatan bayi yang baru lahir ini di lakukan oleh perawat bayi. Untuk merawat bayi ini anda juga bisa melakukannya sendiri dengan beberapa tips yang kami sampaikan ini. Tentunya anda tidak perlu repot-repot mengandalkan tenaga orang lain untuk merawat bayi anda. Inilah beberapa tips untuk membantu anda melakukan perawatan pada bayi :

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

  • Perawatan pada tali pusar – yang harus anda perhatikan dengan baik andalah pada bagian tali pusat ini. Karena bagian tali pusat ini sangan mudah terkena infeksi ataupun masalah lainnya. pada umumnya tali pusat ini akan putus dengan sendirinya sekitar 1-2 minggu. Jika tali pusat ini sudah terlepas, sebaiknya anda tidak membubuhi ramuan apapun pada pangkal tali pusat, dan yang harus anda lakukan adalah mengerinkan sekitar tali pusat dengan kasa steril atau cotton buds. Biarkan tali pusat tetap terbuka, dan untuk menggunakan alkohol pada tali pusat sudah tidak dianjurkan lagi, cukup mengunakan air matang. Usahakan agar tali pusat tidak basah, untuk mengelapnya anda bisa menggunakan tissue atau kassa steril.
  • Perawatan pada bagian mata – tips merawat bayi baru lahir perlu anda perhatikan juga pada bagian mata. Mata pada bayi yang baru lahir belum bisa mengalir dengan lancar. Hal ini akan membuat air mata menggenang dan akan mengakibatkan tumbuhnya kuman-kuman, inilah yang akan membahayakan kornea pada mata bayi anda. Oleh karena itu lakukanlah pijatan pada dengan mengunakan jari anda pada sudut mata bayi dari mata kebawah dan ke arah hidung. Lakukanlah pijatan ini kurang dari dua minggu dengan 5-10 kali setiap pijatannya. Untuk membersihkan kotoran pada mata bayi anda, biasakan menggunakan kapas steril.
  • Perawatan pada kulit – kulit bayi yang baru lahir mudah sekali terkena kuman dari debu sekitas. Biasanya bayi yang baru lahir dimandikan satu kali sehari, dan untuk menjaga kulit bayi anda tetap bersih pilihlah sabun bayi yang mengandung Pro Vitamin B5 kandungan ini sangat berguna untuk merawat kulit bayi tetap halus dan sehat. Buatlah bayi anda selalu merasa nyaman, udara dalam ruangan juga sebaiknya jangan terlalu panas.

Itulah beberapa tips merawat bayi baru lahir yang dapat kami sampaikan. Semoga tips ini bisa sedikit membantu dalam melakukan perawatan bayi anda.

Tips Merawat Bayi Baru Lahir | | 4.5