Cara Mengatasi Iritasi Kulit

Berbagai cara mengatasi iritasi kulit kini akan dengan mudah dijumpai di berbagai situs di internet, pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini membuat kita menjadi mudah dalam mencari apapun disana. Iritasi pada kulit adalah sebuah kondisi dimana kulit mengalami permasalahan seperti menjadi kemerahan, gatal, bersisik/radang, dan juga kering, yang disertai dengan rasa nyeri, kulit seperti terbakar, pecah-pecah dan juga ruam. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti suhu cuaca yang panas dan juga dingin, sabun atau deterjen, penggunaan parfum, polusi udara, kain dan pewarna sintesis.

Cara Mengatasi Iritasi Kulit

Selain hal di atas tadi, iritasi kulit juga dapat terjadi karena tercemar oleh berbagai zat kimia yang terkandung dalam kosmetik, produk untuk rambut, hingga perhiasan sekalipun. Berbagai hal tersebut terjadi sudah tentu karena kulit yang dimiliki sangat sensitif namun kurang perawatan dan pencegahan, maka dari itu tidak menutup kemungkinan jika kulit akan selalu terkena iritasi. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, berikut di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi iritasi kulit dengan menggunakan berbagai bahan alami.

Menggunakan Tomat – Selain mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A dan juga C, tomat pun memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi radikal bebas yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Caranya pun tergolong mudah, yaitu dengan menyiapkan satu buah tomat yang telah di cuci bersih terlebih dahulu sebelumnya dan juga buttermilk. Haluskan tomat dengan cara memblendernya, setelah halus campurkan dengan menggunakan perbandingan 2 sdt tomat yang telah dihaluskan tadi dengan 4 sdm buttermilk lalu aduk hingga merata.

Setelah rata, oleskan secara merata pada bagian kulit yang terdapat iritasi lalu biarkan hingga kurang lebih setengah jam. Setelah itu bilas dan bersihkan dengan perlahan menggunakan air dingin. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga iritasi pada kulit berkurang.

Menggunakan Teh – Berbagai macam atau jenis teh seperti teh hijau dan teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga teh dipercaya memiliki khasiat dapat mengurangi atau meringankan iritasi pada kulit. Caranya pun tergolong sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan salah satu dari kedua teh tersebut lalu menyeduhnya namun di dalam wadah yang cukup besar. Setelah teh tadi siap siapkan sebuah handuk yang berukuran kecil alu rendamkan kedalam teh tersebut, setelah itu keringkan sedikit lalu tempelkan untuk mengompres bagian area kulit yang terdapat iritasi.

Demikian dua cara di atas tadi adalah beberapa cara mengatasi iritasi kulit dengan menggunakan berbagai bahan alami, semoga sedikit tips dan cara di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.

cara mengatasi iritasi kulit
Cara Mengatasi Iritasi Kulit | | 4.5