Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi

Cara mengatasi asam lambung tinggi dapat dilakukan dengan beberapa metode. Penyakit asam lambung tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat, penyakit tersebut terjadi karena lambung memproduksi cairan asam secara berlebihan. Dan hal tersebut akan menimbulkan rasa mual dan juga nyeri pada bagian perut. Lambung memang merupakan tempat dimana makanan yang kita konsumsi digiling kembali hingga menjadi lebih lembut, dan proses tersebut membutuhkan cairan asam lambung pepsin dan klorida.

Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi

Namun jika produksi asam tersebut menjadi berlebihan maka malah akan mejadi suatu penyakit, yaitu penyakit maag. Mungkin sudah tidak asing di telinga kita mendengar jenis penyakit tersebut, penyakit maag disebabkan oleh beberapa faktor seperti makan tidak teratur, stress, sering mengkonsumsi makan pedas dan berminyak, minum kopi dan alkohol berlebihan, merokok, dll. Berikut dibawah ini adalah beberapa ulasan seputar cara mengatasi asam lambung tinggi yang dapat dilakukan.

Hindari Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung – Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandung gas yang dapat memicu kenaikan asam lambung, seperti kol, nangka, mangga muda, sambal, dll. Adapun minuman yang harus dihindari seperti minuman bersoda, kopi, minuman beralkohol, dll. Rubahlah pola makan menjadi makan dalam porsi yang sedikit namun sering, hindari juga makan hingga sekaligus kenyang. Ada baiknya jika kita berhenti makan disaat sebelum kenyang dan jangan menunda rasa lapar, karena hal tersebut dapat memicu asalm lambung meningkat.

Makanan Dalam Potongan Yang Kecil – Biasakanlah mengkonsumsi makanan dalam bentuk potongan-potongan yang kecil, serta biasakan juga pada saat mengunyah makanan hingga benar-benar lembut. Hal tersebut bertujuan agar sari dari makanan yang kita konsumsi dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu jika makanan sudah dalam bentuk yang lembut pada saat masuk kedalam lambung, hal tersebut akan membantu mengurangi kinerja lambung pada saat memproses makanan. Dengan mengurangi kinerja lambung, maka kita dapat mengurangi meningkatnya cairan asam yang diproduksi oleh lambung.

Adapun cara lain nya seperti, tidur dengan posisi menyamping ke kiri atau pun kanan untuk mengurangi raasa sakit pada perut ketika asam lambung meningkat. Bisa juga dengan mengunyah permen karet, karena pada saat mengunyah permen karet air liur dapat membantu dalam menetralisir asam lambung dengan sifat alkalinya. Demikian diatas tadi adalah beberapa cara mengatasi asam lambung tinggi yang dapat dilakukan, semoga tips dan cara di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya.

Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi | | 4.5