Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut.Sangat menjijikkan. Mungkin itu bayangan di pikiran Anda saat berbicara masalah kutu rambut. Kutu rambut adalah semacam parasit yang tinggal di kulit kepala yang hidup dan berkembang biak dengan cara menghisap darah melalui pori-pori kulit kepala. Perkembangbiakannya yang cepat mengakibatkan rasa gatal yang teramat sangat di kulit kepala. Bahkan pada kasus yang paling parah bisa menimbulkan iritasi pada kulit kepala. Banyak cara menghilangkan kutu rambut secara alami, namun jika kondisi sudah parah dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

cara menghilangkan kutu rambut secara alami
kutu rambut yang membandel

Penyebab Kutu Rambut 

Meski bukan tergolong parasit berbahaya, kutu rambut sedikit sulit untuk dihilangkan karena jika sudah berkembang biak cukup lama, jumlahnya semakin banyak bahkan bisa mencapai ribuan. Sebagian orang berpendapat bahwa kutu rambut disebabkan oleh kurangnya perawatan rambut. Namun pendapat tersebut kurang begitu tepat karena kutu rambut bisa menular ke siapa saja melalui berbagai media seperti bantal, kasur, topi, sisir, handuk atau melalui kontak langsung dari kepala ke kepala. Semua orang bisa tertular meskipun memiliki rambut yang terawat.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Sisir Bergigi Rapat 

Salah satu solusi untuk mengatasi kutu rambut adalah menggunakan sisir kutu rambut bergigi rapat. Orang yang terkena kutu rambut sering menggunakan sisir jenis ini. Menggunakan sisir bergigi rapat sangat efektif untuk mengangkat kutu rambut sekaligus telurnya. Tapi jika Anda memiliki rambut yang mudah kusut, sebaiknya menggunakan minyak kelapa dulu sebelum disisir supaya rambut tidak mudah rontok.

Kutu rambut akan semakin ‘kerasan’ tinggal di rambut yang panjang. Tentu saja hal ini menyebabkan kutu rambut sulit untuk dihilangkan. Satu-satunya jalan adalah memotong rambut supaya kutu mudah diatasi. Namun jika Anda tidak mau memotong rambut, ada beberapa cara tradisional untuk menghilangkan kutu-kutu menjengkelkan tersebut. Simak informasinya berikut ini:

1. Cuka Putih 

Cuka putih ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan kutu rambut terutama mengangkat telur-telur kutu yang lengket pada helai-helai rambut panjang anda. Caranya, oleskan cuka putih pada rambut hingga merata, kemudian tutup rambut Anda menggunakan topi atau handuk. Biarkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu keramas seperti biasanya menggunakan shampoo. Lakukan secara rutin 1 kali sehari sebelum mandi.

2. Bawang Merah

Menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah merupakan cara yang digunakan turun temurun sejak jaman dulu. Caranya, ambil 5 siung bawang merah lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan bawang merah yang telah dihaluskan tersebut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tunggu beberapa saat, selanjutnya Anda bisa keramas seperti biasanya.

3. Minyak kayu putih dan Jeruk nipis

Ambil 2 buah jeruk nipis, ambil airnya lalu campurkan dengan minyak kayu putih. Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala sambil dipijit perlahan. Setelah itu tutup rambut menggunakan handuk lembut dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya Anda bisa keramas menggunakan shampoo.

Beberapa cara menghilangkan kutu rambut diatas tentu saja harus diimbangi dengan selalu menjaga kebersihan rambut. Dan sebagai langkah pencegahan, pastikan rambut Anda tidak mendapatkan kontak langsung dengan rambut orang yang terkena kutu rambut.

cara mengentalkan minyak zaitun, cara menghilangkan kutu di rambut panjang, langkah langkah mengatasi rambut berdiri
Cara Menghilangkan Kutu Rambut | | 4.5