Cara Menambah Berat Badan

Minimnya pengetahuan mengenai cara menambah berat badan yang benar, seringkali menimbulkan kerancuan dari berbagai informasi yang berbeda. Banyak yang berpendapat bahwa menaikkan berat badan berarti harus menaikkan jumlah lemak tubuh. Dengan kata lain, makan dalam porsi banyak dianggap cara paling efektif untuk menambah berat badan. Namun kenyataannya meskipun makan sebanyak mungkin atau latihan fitness secara teratur, semua tidak membuahkan hasil. Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa cara menaikkan berat badan dengan cara menambah jumlah lemak sama sekali tidak benar.

cara menaikkan berat badan

Menambah Berat Badan dengan Meningkatkan Masa Otot

Menaikkan berat badan dalam arti yang sebenarnya adalah meningkatkan massa otot. Untuk meningkatkan massa otot tersebut, bisa didapat dari beberapa makanan (bukan makanan dengan lemak tinggi) serta diimbangi dengan latihan otot secara teratur.

Untuk makanan rendah lemak dan latihan otot untuk meningkatkan berat badan, silahkan Anda simak caranya berikut ini:

1.    Latih otot Anda dengan latihan beban menggunakan High Intensity Training. Lakukan istrirahat per set 1 – 2 menit kemudian angkat beban lagi seberat mungkin. Misalnya Anda membuat tinggi 160 – 165 cm, jangan hanya puas dengan bench press 10 kg kiri dan kanan. Pasang target minimal 20 – 30 kg kiri dan kanan. Jika benar-benar terasa berat, Anda bisa meningkatkan perlahan setiap minggunya sampai Anda benar-benar mampu.

2.    Anda tidak perlu over melatih otot. Jangan lebih dari 1 jam dan kurangi kardio. Latihan terus menerus selama lebih dari 1 jam hanya akan membuang-buang kalori. Ingat, Anda harus menyisakan kalori untuk membangun massa otot Anda. Satu hal lagi, hindari melatih otot yang sama selama 2 kali seminggu.

3.    Jangan beranggapan semua peralatan di gym jika digunakan bersama-sama untuk melatih otot chest bisa berdampak positif pada otot. Cukup gunakan 2 – 4 alat saja dengan masing-masing 3 – 4 set serta gunakan basic compound.

4.    Melatih otot menggunakan negative reps wajib Anda lakukan. Lakukan 6 – 8 reps saja, jangan samapai 12 reps karena 6 – 8 reps saja sudah failure. Setelah failure, Anda bisa meminta bantuan teman untuk mengangkat dan Anda bisa menahan pada saat turunnya. Anda bisa variasikan negative reps ini 2 – 3 minggu sekali.

5.    Makanlah dalam porsi sedang 5 – 6 kali sehari dan hindari jenis makanan Junk Food. Junk Food banyak mengandung lemak tak sehat yang dapat memperburuk metabolisme tubuh sehingga organ tubuh tidak mampu bekerja secara optimal. 

6.    Konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat langsung setelah latihan. Karbohidrat penting untuk menggantikan glycogen yang terkuras selama latihan. Sedangkan protein sangat berguna untuk otot yang baru saja ‘kacau’ karena latihan berat.

7.    Minum multivitamin (bukan suplemen) terutama vitamin B untuk membantu menambah berat badan. Vitamin B berguna untuk mencerna asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh Anda.
Lakukan 7 cara menambah berat badan diatas secara benar selama 2 – 3 minggu, setelah itu Anda bisa menimbang berat badan. Pasti berat badan Anda bertambah ideal.

cara menambah berat badan

Selamat mencoba.

Cara Menambah Berat Badan | | 4.5