Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 5 Bulan. Janin bayi Anda saat ini sudah mulai memasuki usia 5 bulan. Nah apa saja yang terjadi dan bagaimana perkembangan janin bayi yang terjadi pada bulan ke-5 kehamilan Anda? Silakan baca sampai selesai untuk mengetahui jawabannya…

Perkembangan Janin Bayi di Minggu 17 Kehamilan

Perkembangan Bayi: Janin bayi anda  saat ini sudah mulai memasuki minggu ke 15, ukuran janin bayi anda pada minggu ini adalah sekitar 4,4-4,8 inci dan telah dua kali lipat beratnya dalam dua minggu terakhir atau sekitar 3,5 ons. Lemak mulai terbentuk pada bayi anda, Ini akan membantu produksi panas bayi Anda dan metabolisme. Paru-paru bayi anda akan mulai menghembuskan napas cairan ketuban, dan peredaran darah serta sistem kemih akan bekerja. Rambut di kepala, alis dan bulu mata calon bayi anda mulai tumbuh.

Perubahan pada Ibu: Anda pada minggu2 ini akan lebih kelihatan kalau memang sedang hamil, dengan pembengkakan yang jelas terlihat pada bagian bawah perut anda. Biasanya akan ada penambahan berat badan 2 sampai 4,5 kg. Anda juga mungkin akan menyadari adanya peningkatan nafsu makan.

Tip untuk Ibu hamil: Lakukan perpindahan posisi dengan lebih perlahan, terutama ketika jika bergerak dari posisi berbaring ke duduk atau sebaliknya, dari mulai posisi duduk ke berdiri untuk menghindari pusing-pusing atau pingsan.

Minggu 18 Kehamilan

Perkembangan Bayi: Di minggu-minggu ini, ukuran bayi anda adalah kisaran 5-5,6 inci dan beratnya adalah sekitar 5,25 ons. Janin bayi Anda sudah mulai bisa menguap, meregangkan badan dan membuat ekspresi wajah, seperti cemberut. Retina bayi akan adi lebih sensitif terhadap cahaya, jadi jika cahaya terang yang bersinar dsorotkan pada perut Anda, maka bayi anda akan bergerak untuk melindungi matanya.

Perubahan pada tubuh Ibu: Rahim, mungkin dapat dirasakan tepat di bawah pusar. Anda kemungkinan besar merasakan bayi anda bergerak sekarang. Sebuah USG/ultrasonografi pada pertengahan kehamilan dapat dilakukan mulai sekarang dan 22 minggu untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan janin dan untuk memverifikasi tanggal persalinannya. Jika bayi berada di posisi yang tepat, maka USG bahkan mungkin dapat menentukan apakah bayi anda itu laki-laki atau perempuan. .

Tip untuk Minggu: Anda dan pasangan sebaiknya pergi ke dokter untuk melakukan USG. Ini adalah kesempatan yang baik bagi anda untuk menangkap sekilas bayi Anda bersama-sama, serta memberikan gambaran untuk menunjukkan teman-teman dan keluarga nanti. USG memang tidak menjamin bayi yang sehat, akan tetapi mereka dapat melihat beberapa masalah.

Minggu 19 Kehamilan

Perkembangan Bayi: Bayi Anda pada minggu ke-19 kehamilan akan berukuran sekitar 5,2 sampai 6 inci dan beratnya sekitar 7 ons. Kulit bayi anda saat ini sedang berkembang dan transparan, muncul warna agak merah karena pembuluh darah yang terlihat melalui itu. Krim lapisan pelindung putih, yang disebut vernix, mulai berkembang.

Perubahan tubuh Ibu: Di minggu ke-19 kehamilan ini ketika bayi Anda terus tumbuh, Anda mungkin akan merasakan beberapa nyeri pada pertengahan kehamilan dan nyeri sekarang – perasaan sakit perut bagian bawah, pusing, mulas, sembelit, kram kaki, pembengkakan ringan pergelangan kaki dan kaki, dan sakit punggung. Pembuluh darah yang melebar dapat menyebabkan tanda kecil, warna merah sementara (disebut spider nevi) pada wajah, bahu dan lengan.

Tips untuk ibu hamil: Berhati-hatilah agar tidak cepat lelah karena pertumbuhan bayi yang cepat dapat menambah beban pada jantung, paru-paru dan ginjal.

Perkembangan Janin pada Minggu 20 Kehamilan

 foto bayi didalam kandungan usia 5 bulan
Foto bayi didalam kandungan usia 5 bulan atau 20 bulan

Perkembangan Bayi: Janin bayi anda akan punya tinggi sekitar 5,6-6,4 inci dan beratnya adalah sekitar 9 ons. Bayi Anda mulai dapat mendengar suara sekarang – suara Anda, jantung dan perut Anda yang sedang keroncongan, serta suara dari luar tubuh Anda. Janin bayi Anda akan menutup telinga dengan tangannya jika suara keras dibuat di dekat Anda, dan bahkan mungkin menjadi terkejut dan “melompat.” Bayi sering bergerak, – memutar, menggeliat, memukul dan menendang.

Ibu: Selamat bunda! Anda berada di sekitar titik tengah masa kehamilan Anda. Pinggang Anda telah cukup waktu untuk kembali seperti sebelumnya! Risiko infeksi kandung kemih meningkat karena otot-otot polos pada saluran kemih bersantai. Pernapasan Anda akan terasa adi lebih dalam dibanding sebelumnya dan juga Anda mungkin akan berkeringat lebih dari biasanya dari kelenjar tiroid lebih aktif.

Tips: Untuk meringankan sakit punggung, anda dapat mempertahankan postur tubuh yang baik. Hindarilah berdiri terlalu lama. Seilakan anda tidur dengan meletakkan bantal di antara kaki Anda untuk membuat Anda lebih nyaman.

Sampai disini ulasan singkat kita tentang Perkembangan Janin usia kehamilan 5 bulan, semoga saja ada manfaatnya buat anda terutama yang sedang hamil.

letak kepala janin usia 5 bulan, janin 5 bulan, perkembangan janin 5 bulan, posisi kepala janin 5 bulan, gambar bayi umur 5 bulan, gambar janin 5 bulan, foto janin 5 bulan
Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 5 Bulan | rumahsehat | 4.5