Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 13-16

Minggu 13 Kehamilan

Bayi: Bayi Anda mulai tumbuh dengan cepat pada minggu ke 13 kehamilan anda ini! Mata bayi anda mulai bergerak ke posisi, pergelangan kaki dan juga tangan telah terbentuk dengan baik, dan walaupun kepala masih proporsional agak besar, seluruh tubuh bayi mulai tumbuh untuk mengejar ketinggalan.

Ibu: Rahim anda berkembang banyak. Ini mengisi panggul Anda sekarang dan mulai tumbuh ke atas ke perut Anda. Mungkin terasa seperti lembut, bola halus. Jika Anda belum mendapatkan berat badan karena morning sickness, Anda akan mulai sekarang karena Anda mulai merasa lebih baik.

Tip untuk Minggu: Sarankan agar pasangan Anda pergi dengan Anda untuk check up. Mereka mungkin menyukai kesempatan untuk mendengar detak jantung bayi.

Minggu 14 Kehamilan

Bayi: telinga bayi akan beralih dari leher ke samping kepala, dan leher bayi anda semakin panjang dan juga dagu yang lebih menonjol. Fitur wajah dan sidik jari bayi yang unik semua ada di sana. Bayi Anda akan mulai menanggapi rangsangan dari luar. Jika perut Anda terasa menusuk, bayi anda akan coba untuk meronta .

Ibu: Anda mungkin mengenakan baju hamil sekarang. Kulit dan otot mulai meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi Anda. Anda mungkin melihat beberapa sembelit, karena hormon-hormon kehamilan yang mempengaruhi usus.

Tip of the Week: Cobalah untuk meringankan sembelit dengan berolahraga intensitas sedang, minum banyak cairan, dan makan banyak buah dan sayuran.

Gambar Janin Usia 14 Minggu

Minggu 15 Kehamilan

Bayi: Tubuh bayi Anda ditutupi oleh rambut yang sangat halus, yang disebut lanugo, yang biasanya ditumpahkan oleh kelahiran. Alis dan rambut di atas kepala mulai tumbuh, tulang semakin keras, dan bayi bahkan mungkin mengisap ibu jarinya.

Ibu: rahim Anda mungkin dapat terasa sekitar 3 sampai 4 inci di bawah pusar Anda. Kadang dalam lima minggu ke depan Anda akan ditawarkan beberapa tes oleh dokter Anda. Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang tes prenatal yang mungkin ingin Anda lakukan.

Tip untuk minggu ini: Mulailah untuk belajar untuk tidur di sisi sebelah kiri – sirkulasi akan lebih baik seperti itu. Anda dapat mencoba untuk menyelipkan bantal di belakang Anda dan juga ada di antara kaki Anda.

Minggu 16 Kehamilan

Bayi: Anda mungkin dapat mendengar detak jantung bayi di kantor dokter. Rambut-rambut yang halus, yang disebut lanugo, dapat tumbuh di kepala. Lengan dan kaki bayi anda akan bergerak, dan sistem saraf bayi mulai bekerja.

Ibu: Dalam beberapa minggu ke depan, Anda mungkin mulai merasakan gerakan bayi Anda, yang disebut “mempercepat.” Hal ini sering terasa seperti gelembung gas atau gerakan halus beterbangan. Seperti yang terjadi lebih teratur, Anda akan tahu itu bayi Anda. Tubuh Anda berubah dalam banyak cara lain. Peningkatan volume darah untuk mendukung bayi Anda tumbuh dapat menghasilkan mimisan, dan Anda mungkin melihat pembuluh darah di kaki Anda menjadi lebih jelas. Kabar baik: Karena rahim Anda bergeser, Anda mungkin tidak harus buang air kecil begitu banyak.

Tip of the Week: Jika pembuluh darah di kaki Anda tonjolan, Anda mungkin ingin memakai stoking dukungan, meletakkan kaki Anda ketika Anda bisa, dan latihan untuk meningkatkan aliran darah.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?

Jari tangan dan kaki bayi Anda terdefinisi dengan baik; kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, dan rambut terbentuk. Gigi dan tulang menjadi lebih padat. Bayi Anda bahkan dapat menghisap jempol, menguap, dan meregang.

Organ reproduksi bayi dan alat k3lam1n sekarang sepenuhnya dikembangkan, dan penyedia layanan kesehatan Anda dapat melihatnya di USG jika Anda memiliki anak laki-laki atau perempuan. Anda tidak perlu mengetahui jenis k3lam1n bayi – itu terserah Anda.

Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 13-16 | rumahsehat | 4.5