Fakta tentang Metabolisme

Secara umum, semakin banyak otot dan sedikit lemak yang Anda miliki, semakin tinggi tingkat metabolisme Anda?
Benar: Tingkat metabolisme Anda sangat dipengaruhi oleh komposisi tubuh Anda. Orang dengan lebih banyak otot dan sedikit lemak umumnya memiliki tingkat metabolisme yang lebih cepat, sementara orang dengan lemak lebih banyak lemak dan otot yang kurang umumnya memiliki tingkat metabolisme lebih lambat.

Wanita biasanya memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi daripada pria?
Salah! Pria cenderung memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi daripada perempuan karena perempuan memiliki jaringan lemak lebih tinggi.

Apa itu “metabolisme”?
“Metabolisme” mengacu pada sistem tubuh Anda untuk menggunakan atau mengubah energi. Ini termasuk pernapasan, pencernaan, pembangunan otot, dan penyimpanan lemak, sirkulasi darah – apa pun itu bagian dari sistem tubuh Anda untuk mengubah energi menjadi suatu aktivitas yang Anda butuhkan untuk hidup. Metabolisme melibatkan dua jenis proses: “anabolik” reaksi yang melibatkan membangun struktur selular dan menyimpan energi, dan “katabolik” reaksi yang melibatkan pemecahan molekul untuk energi.

Apa itu “tingkat metabolisme”?
Metabolisme sering disalah mengerti sebagai tingkat metabolisme, dan kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian. Lebih tepatnya, “tingkat metabolisme” adalah kecepatan metabolisme Anda, atau tingkat di mana Anda membakar kalori.

Metabolisme dipengaruhi Oleh Gen, Gaya Hidup, dan Usia?
Metabolisme dan tingkat metabolisme yang ditentukan oleh sejumlah faktor. Gen memainkan peran yang sangat penting, ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa orang tetap saja kurus tidak peduli berapa banyak yang mereka makan, sementara yang lain memiliki waktu yang sulit menurunkan berat badan. Gaya Hidup – khususnya diet dan olahraga – juga dapat memainkan peran penting. Tidak peduli apa jenis metabolisme bawaan Anda atau seberapa baik Anda telah mempertahankan itu, kemungkinan melambat ketika Anda bertambah tua.

Metabolisme dikendalikan terutama oleh?
Tiroid Anda pengatur metabolisme, memproduksi hormon yang mempengaruhi hampir setiap aspek yang tubuh Anda lakukan: seberapa cepat atau lambat Anda membakar kalori, kapan atau apakah Anda membangun protein atau menyimpan energi sebagai lemak, dan bagaimana tubuh Anda merespon hormon lainnya.

Tidak mengherankan, gangguan tiroid dapat menyebabkan masalah pada metabolisme Anda. Tiroid yang kurang aktif (“hipotiroidisme”) menghasilkan hormon tiroid sedikit dari normal, menyebabkan metabolisme lambat, dan, akibatnya sering menyebabkan kenaikan berat badan. Tiroid yang terlalu aktif (“hipertiroidisme”), di sisi lain, dapat mempercepat metabolisme, sering mengakibatkan penurunan berat badan.

Ketika Anda menua, bagaimana tingkat metabolisme Anda?
Tingkat metabolisme Anda akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, Anda akan cenderung kehilangan otot. Hal ini mengakibatkan tingkat metabolisme menurun yang dimulai sedini usia dua puluhan – sekitar 2% per dekade.

Kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda?
Kafein adalah stimulan – sehingga menurut definisi, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Inilah sebabnya mengapa sering dimasukkan sebagai komposisi dalam suplemen diet penurunan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa satu cangkir kopi Amerika dapat meningkatkan metabolisme sekitar 3% sampai 4% untuk periode waktu yang singkat.

Makanan pedas dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda?
Beberapa makanan pedas memang bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Secara khusus, cabai mengandung capsaicin yang sangat merangsang untuk proses metabolisme yang disebut thermogenesis, di mana tubuh menghasilkan panas, sehingga membakar kalori. Tapi efek ini tidak mungkin cukup kuat untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Fakta tentang Metabolisme | rumahsehat | 4.5