Apa yang Menyebabkan Pendarahan pada Trimester Pertama Kehamilan?

Apakah Anda pernah mengalami Pendarahan saat trimester pertama kehamilan? Sekitar 20% wanita mengalami beberapa pendarahan selama 12 minggu pertama kehamilan. Kemungkinan penyebab perdarahan trimester pertama meliputi:

Implantasi perdarahan.
Anda bisa saja mengalami bercak-bercak yang normal pada 6 – 12 hari setelah Anda hamil sebagai akibat dari telur yang dibuahi dalam proses menanamkan dirinya dalam lapisan rahim. Beberapa wanita tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil karena mengira bercak darahnya karena seang PMS. Biasanya perdarahan yang terjadi itu sangat ringan dan berlangsungnya dari beberapa jam sampai beberapa hari.

Keguguran. Karena keguguran yang paling umum selama 12 minggu pertama kehamilan, cenderung menjadi salah satu perhatian terbesar dengan perdarahan trimester pertama kehamilan. Hampir separuh dari wanita yang mengalami perdarahan ketika hamil akhirnya keguguran, akan tetapi bukan berarti jika Anda mengalami pendarahan lalu Anda telah kehilangan bayi, apalagi jika Anda tidak memiliki gejala keguguran lainnya. Gejala lain dari keguguran adalah kram yang kuat pada perut anda bagian bawah dan jaringan yang melewati missv.

Kehamilan ektopik. Pada masalah kehamilan ektopik (yaitu hamil diluar kandungan), embrio yang sudah dibuahi tertanam di luar rahim, biasanya di tuba falopi. Apabila embrionya ternyata terus berkembang, maka hal ini dapat menyebabkan tuba fallopi pecah, ini dapat mengancam jiwa si ibu. Walaupun kehamilan ektopik berpotensi berbahaya, itu hanya terjadi pada sekitar 2 persen dari kehamilan.

Gejala lain dari kehamilan ektopik adalah kram kuat atau nyeri di perut bagian bawah, dan ringan.

Tambahan penyebab pendarahan pada awal kehamilan meliputi:

Perubahan serviks. Selama kehamilan, darah ekstra mengalir ke leher rahim. Tes Pap, yang menyebabkan kontak dengan leher rahim, bisa memicu perdarahan. Jenis pendarahan tidak memprihatinkan.

Infeksi. Setiap infeksi serviks, atau infeksi menular s3ksu4l (seperti klamidia, gonore, atau herpes) dapat menyebabkan pendarahan pada trimester pertama kehamilan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Apa yang Menyebabkan Pendarahan pada Trimester Pertama Kehamilan? | rumahsehat | 4.5