Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 5-8

Setelah mengetahui panduan Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 1-4 yang telah Kami posting beberapa saat lalu. Sekarang mari kita lanjutkan bahasan kita pada Trimester Pertama Kehamilan. Berikut ini adalah informasi perkembangan Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 5-8. Cari tahu apa yang terjadi pada janin Anda dan tubuh Anda.

Minggu 5 Kehamilan

Bayi: Bayi Anda masih kecil, tapi intinya, otak, sumsum tulang belakang, otot, dan tulang mulai berkembang. Plasenta, yang memelihara bayi Anda, dan kantung ketuban, yang menyediakan lingkungan yang hangat dan aman di mana bayi Anda dapat bergerak dengan mudah, masih terbentuk, juga. Tali pusar terbentuk dan menghubungkan bayi Anda dengan Anda.

Ibu: Anda sekarang mungkin menduga bahwa Anda sedang hamil. Anda juga dapat melihat beberapa gejala awal kehamilan:

  • Merasa mual (disebut morning sickness, meskipun dapat terjadi kapan saja, siang atau malam) 
  • Kesemutan atau nyeri di payud4ra Anda dan penggelapan puting 
  • Buang air kecil lebih sering 
  • Merasa lebih lelah dari biasanya

Tip Minggu Ini: Anda mungkin perlu menjadwalkan kunjungan ke dokter kandungan segera setelah Anda curiga Anda sedang hamil. Mulai perawatan kehamilan dini Anda adalah langkah besar menuju memiliki kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat.

Minggu 6 Kehamilan

janin umur 6 minggu

Bayi: Bayi Anda berbentuk seperti kecebong. Mata dan tunas anggota tubuh terbentuk. Selama USG, dokter Anda mungkin dapat mendengar detak jantung. Antara 17 sampai 56 hari adalah waktu yang rentan, karena itulah saat bayi paling rentan terhadap apa pun yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya yang normal.

Ibu: Berat badan Anda mungkin akan naik beberapa kilogram sekarang. Atau jika Anda mengalami morning sickness Anda mungkin telah kehilangan berat badan – itu normal juga. Anda mungkin mulai melihat beberapa perubahan dalam tubuh Anda: pakaian menjadi sedikit lebih ketat di sekitar pinggang, kaki penuh dan payud4ra. Dokter dapat mengetahui ukuran rahim anda dengan malkukan pemerikasaan panggula anda.

Tip Minggu Ini: Ikuti kebiasaan pralahir yang baik setiap harinya, seperti makan makanan sehat untuk ibu hamil dan mengkonsumsi Vitamin. Untuk melawan kelelahan, cobalah untuk meluangkan waktu 20 menit setiap hari untuk tidur siang.

Minggu 7 Kehamilan

Bayi: Bayi Anda sedang berkembang. Tunas anggota tubuh muncul yang akan tumbuh menjadi tangan dan kaki. Banyak bagian terus berkembang: jantung, paru-paru, usus, usus buntu, otak, sumsum tulang belakang, hidung, mulut, dan mata.

Ibu: Anda masih belum kelihatan hamil, tapi sekarang Anda benar-benar merasakan perubahan dalam tubuh Anda. Anda mungkin masih memiliki morning sickness, dan payud4ra Anda mungkin masih merasa geli dan lembut.

Tip Minggu Ini: Jangan biarkan perut Anda benar-benar kosong – yang akan membantu Anda dari perasaan mual. Bawa makanan ringan di tangan sepanjang waktu, dan makan banyak makanan kecil. Untuk mencegah penurunan gula darah, makan beberapa protein, seperti menambahkan keju pada kerupuk.

Minggu 8 Kehamilan

Bayi: Bayi Anda sekarang sekitar minggu keenam perkembangannya. Ini adalah minggu yang penting untuk pertumbuhan. Lipatan kelopak mata dan telinga terbentuk. Selaput tipis pada jari tangan dan kaki sedang terbentuk dan bahkan dapat berenang di dalam rahim Anda.

Ibu: volume darah Anda meningkat, dan jantung Anda memompa darah 50% lebih per menit untuk bayi Anda. Gejala umum untuk minggu ini adalah kemurungan dan rasa mual dari bau tertentu.

Tip Minggu Ini: Kenakan bra yang mendukung. Dukungan bra yang baik selama anda hamil dapat membuat anda lebih nyaman dan dapat mencegahnya jadi kendur di masa depan. Latihan untuk menjaga otot dada kencang dapat berguna, juga.

Apa yang terjadi di dalam tubuh Anda?
Raut wajah bayi Anda terus berkembang. Kedua telinga dimulai dari lipatan kecil kulit di sisi kepala. Tunas kecil akhirnya tumbuh menjadi lengan dan kaki terbentuk.

ukuran janin 17 minggu
Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 5-8 | rumahsehat | 4.5