Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 1-4

Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 1-4. Jika Anda baru hamil atau mencoba untuk hamil, Anda memiliki banyak pertanyaan tentang apa yang diharapkan. Apa saja perubahan pada tubuh Anda? Apa yang terjadi di dalam diri Anda? Panduan kehamilan minggu demi minggu ini akan membantu Anda melalui sembilan bulan kehamilan Anda sehingga Anda dapat menjadi lebih cerdas, lebih percaya diri, lebih siap menjadi seorang ibu. Setiap minggu menawarkan informasi tentang tubuh Anda dan bayi serta membantu saran yang dapat Anda gunakan selama kehamilan. Mari kita mulai dengan mengintip ke dalam rahim.

Minggu 1 dan 2 Kehamilan

Bayi: Bayi Anda masih hanya secercah di mata Anda. Sulit untuk tahu persis kapan pembuahan terjadi, sehingga dokter menghitung tanggal jatuh tempo dari awal siklus menstruasi terakhir Anda.

Ibu: Pada awal periode Anda, sekitar 20 telur yang disebut ovum menempati kantung berisi cairan yang disebut folikel. Jika Anda biasanya memiliki periode Anda setiap 28 hari, kemudian sekitar 14 hari kemudian, Anda mengalami ovulasi: Salah satu folikel ini melepaskan sel telur, dan mengalir turun tuba fallopi Anda di mana menunggu pembuahan. Kali ini – 14 hari setelah haid dimulai dan satu atau dua hari lagi – adalah ketika Anda paling subur. Jika Anda ingin hamil, ini adalah waktu terbaik untuk mencoba. Setelah telur dibuahi, bergerak ke rahim.

Jangan kecewa jika Anda tidak mendapatkan kehamilan Anda. Setiap bulan, wanita memiliki kesempatan 25% untuk hamil, sehingga Anda mungkin perlu mencoba lebih dari sekali.

Tip untuk Minggu 1 dan 2: Pastikan Anda telah menjadwalkan kunjungan ke Dokter ANda untuk menentukan risiko penyakit genetik dan bahaya lingkungan serta belajar tentang perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk memastikan kehamilan yang sehat dan bayi. Yang paling penting, pastikan Anda sudah mulai mengkonsumsi 0,4 miligram asam folat per hari. Asam folat yang dikonsumsi beberapa bulan sebelum konsepsi telah terbukti secara dramatis mengurangi seperti cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Minggu 3 Kehamilan

Bayi: Selamat! Jika telur Anda dan sp3rma pasangan Anda telah bergabung dengan sukses, embrio Anda benar-benar ada, meskipun sangat kecil – sekitar ukuran kepala pin. Ini tidak terlihat seperti sebuah janin atau bayi, itu hanya sekelompok sekitar 100 sel bertambah banyak dan berkembang pesat. Lapisan luar sel akan menjadi plasenta, dan lapisan dalam akan menjadi embrio.

Ibu: Pada minggu ini belum ada perubahan berarti pada tubuh anda.

Tip untuk Minggu 3: Tidak sabar untuk mencari tahu? Ambil tes kehamilan di rumah. Anda akan mendapatkan hasil segera dengan tes kehamilan . Untuk memastikan akurasi, baca petunjuk dengan teliti dan pastikan semua perlengkapan yang Anda gunakan adalah bersih.

Minggu 4 Kehamilan

Bayi: Sekarang bahwa telur Anda dibuahi, ia masuk ke dalam lapisan rahim Anda. Ini disebut implantasi.

Ibu: Anda mungkin berharap akan haid Anda minggu ini, dan jika tidak terjadi, mungkin salah satu tanda-tanda awal kehamilan. Anda mungkin saja tidak merasa berbeda dibanding sebelumnya, namun rongga ketuban, yang akan diisi dengan cairan, dan plasenta, yang akan membawa oksigen dan nutrisi untuk memelihara bayi Anda, mulai terbentuk di dalam rahim Anda.

Tip untuk Minggu ini: Cobalah untuk makan makanan yang sehat, yang berarti pilihlah berbagai makanan dari kelompok makanan yang dianjurkan dan minum setidaknya enam sampai delapan gelas air sehari. Tapi Anda tidak perlu benar-benar “makan untuk dua”, Anda hanya perlu tambahan 300 kalori per hari saat Anda sedang hamil. Dan jangan khawatir jika asupan makanan Anda turun di awal karena morning sickness.

gambar janin kehamilan minggu ke 4

Apa yang terjadi dalam tubuh Anda?

Pada Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 1-4 ini telur yang telah dibuahi tumbuh, dan kantung air ketat terbentuk di sekitar itu, secara bertahap mengisi dengan cairan. Ini disebut kantung ketuban, dan membantu bantal embrio berkembang.

Plasenta juga berkembang. Ini adalah bulat, organ datar yang mentransfer nutrisi dari Anda untuk bayi dan transfer kotoran bayi.

Wajah primitif mengambil bentuk dengan lingkaran hitam besar untuk mata. Mulut, rahang bawah, dan tenggorokan berkembang. Sel-sel darah mengambil bentuk, dan sirkulasi akan dimulai.

Pada akhir bulan pertama kehamilan, panjang bayi Anda adalah sekitar 1/4 inci – lebih kecil dari sebutir beras.

SELANJUTNYA: Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 5-8

ciri hamil 4 minggu, ciri ciri hamil 4 minggu, ciri2 hamil 4 minggu, tanta tanda hamil 0-4 minggu, ciri ciri hamil minggu ke4, ciri ciri kehamilan 4, ciri-ciri wanita hamil 0-4 minggu
Kehamilan Minggu demi Minggu: Minggu 1-4 | rumahsehat | 4.5