Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Kuning Baru Lahir

Cara Mengatasi Bayi Kuning Baru Lahir. Melahirkan seorang bayi mungil yang lucu adalah kebahagian tersendiri bagi semua orang tua. Bayi yang baru lahir memang sangat lucu dan mengemaskan. Akan tetapi pernahkan anda menemukan bayi anda lahir dan kulit bayi anda berwarna kuning? Lantas, apa penyebab bayi kuning ini? serta bagaimana cara mengatasi bayi kuning baru lahir?

Apa Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Kuning?

Mengapa Bayi baru lahir kuning kulitnya? Bayi yang baru saja lahir bisa saja punya kulit kekuningan atau istilah latinnya hiperbilirubinemia atau kandungan kadar bilirubin tinggi di dalam darah bayi anda. Pada sebagian besar bayi baru lahir, kadar bilirubin di dalam darah secara normal meningkat dalam hari hari pertama setalah kelahiran, sehingga menyebabkan kulit bayi berwarna kuning.

Cara Mengatasi Bayi Kuning Baru Lahir

Banyak orang mengetahui cara mengatasi bayi kuning baru lahir dengan sering-sering menjemur bayi, padahal pemberian ASI adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini. Dengan lebih sering memberikan ASI pada bayi tercinta Anda, akan mempercepat pembuangan isi usus sehingga mengurangi penyerapan kembali bilirubin dari usus dan menurunkan kadar bilirubin di dalam darah.

“Kuning itu ada kuning baik juga kuning jahat, tetapi bayi yang kuning biasanya itu kuning baik karena kalau itu kuning jahat akan ada tanda-tandanya dan ini disebabkan karena gejala infeksi darah,” terang dr Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC.

dr Utami juga menerangkan bahwa jika warna kuning pada kulit bayi adalah ada yang namanya kuning yang jahat biasanya anak menunjukkan gejala seperti lemas, malas minum (ASI), dan perut yang kembung.

Senada dengan dr Utami, dr Aditya Suryansyah, SpA, dalam konsultasi kesehatan detikhealth pun mengatakan bahwa kulit kuning merupakan kondisi fisiologis pada bayi.

“Kulit kuning ini merupakan fisiologis bila mulai timbul pada hari 2-3 dengan kadar yang rendah. Namun, bila bilirubin mencapai di atas 10, harus ada penanganan serius terutama pada bayi di bawah umur 7 hari,” jelas dr Adit dalam konsultasi kesehatan detikHealth yang dikutip Rumah Sehat 24..

Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Kuning Baru Lahir

Kedua dokter spesialis anak ini juga sepakat bahwa penanganan yang tepat pada Bayi kuning baru lahir adalah dengan pemberian ASI yang sering dan juga dijemur.

“Perlu diperhatikan ketika menjemur harus melihat kondisi bayinya, panas matahari dan jam menjemurnya,” ucap dr Utami yang berpraktik di RS St Carolus.

Dr Utami juga mengatakan bahwa biasanya bayi yang dijemur mulai pukul 07.30 hingga 08.30. “Pukul 08.30 itu maksimal. Paling lama dijemur hanya 3/4 atau setengah jam saja,” terangnya.

dr Adit juga mengatakan bahwa pemberian ASI dan menjemur di matahari merupakan terapi yang cukup untuk mengatasi bayi kuning. “Namun, bila bilirubin cenderung meningkat, bisa dilakukan terapi sinar,” ujarnya.

Jadi berikanlah ASI eksklusif untuk si kecil tercinta, khususnya pada 6 bulan pertama masa kelahirannya. Sebab ASI dipercaya sebagai obat yang paling baik bagi bayi.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Kuning Baru Lahir. Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar. Mari diskusikan bersama.

cara mengatasi shadow fight 3 layar kuning, cara mengatasi layar kuning di shadow fight 3, cara mengatasi shadow fight3 berhenti di layar kuning, cara mengatasi layar kuning pada game shadow fight 3, cara mengatasi layar kuning pas bermain shadow fight 3, cara mengatasi layar kuning shadow fight, cara mengatasi shadow
Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Kuning Baru Lahir | rumahsehat | 4.5