Sembelit dan Tips Untuk Mengatasinya

Apa itu Sembelit?

Sembelit yang juga sering dikenal dengan masalah konstipasi adalah salah satu dari masalah gangguan pencernaan yang bisa diderita siapa saja bahkan oleh anak-anak sekalipun. Sembelit ini menyebabkan frekuensi buang air besar berkurang, dan juga biasanya feses jadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Bila sedang mengalami masalah sembelit ini, seseorang kadang harus mengejan (yang menimbulkan rasa nyeri) atau ada perasaan tidak tuntas setelah buang air besar (BAB). Seperti saat diare, sembelit juga memberikanrasa yang “tidak nyaman” pada perut.

Yang bagus itu BAB rutin setiap hari, namun pada kenyataannya banyak orang yang tidak dapat rutin untuk buang air besar minimal sekali setiap hari. Frekuensi BAB yang masih dikatakan normal adalah 2 hari sekali (3-4 kali seminggu). BAB yang frekuensinya berkurang dari dua hari sekali menjadi 3 hari sekali atau lebih bisa mengalami gejala sembelit dan kesulitan untuk BAB.

Apa Saja Siy Penyebab Sembelit?

Gejala sembelit itu ada beberapa penyebabnya, banyak diantaranya merupakan kebiasaan jelek kita dalam konsumsi makanan jadi bukan berupa penyakit. Beberapa penyebabnya antara lain: Kurang makan makanan yang berserat seperti sayur dan buah, suka makanan yang berlemak, kurang minum air putih, kurangnya berolah raga, dan stress adalah beberapa penyebab sembelit. Sering minum obat pencahar yang terlalu sering juga jadi pemicu tidak langsung.

Sembelit dan Tips Untuk Mengatasinya

Apa yang harus dilakukan bila mengalami sembelit?

Bila Anda mengalami sembelit, anda dapat mencoba beberapa tips berikut mengatasi sembelit anda:

  1. Perbaiki pola makan, kurangi makanan berlemak (santan,gorengan) dan perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan.
  2. Minumlah air putih paling tidak 8 gelas/hari (1gelas=200ml), kurangilah minuman yang bisa menimbulkan gas.
  3. Kurangi juga minuman yang menghasilkan efek gas, seperti soft drink atau soda.

Demikian ulasan kali ini tentang sembelit dan cara mengatasinya. Semoga anda dapat mengambil manfaatnya.

Sembelit dan Tips Untuk Mengatasinya | rumahsehat | 4.5