Gusi Berdarah Saat Hamil? Apakah Normal?

Gusi saya berdarah sekarang ketika saya sikat gigi. Apakah itu normal?

Memiliki gusi bengkak, merah, lembut yang berdarah ketika Anda sikat gigi adalah keluhan umum selama kehamilan. Sekitar setengah dari calon ibu memiliki gejala ini – suatu kondisi yang dikenal sebagai radang gusi kehamilan. Gusi Anda lebih cenderung menjadi meradang selama kehamilan sebagian karena perubahan hormonal yang membuat mereka lebih sensitif terhadap bakteri dalam plak.

Anda juga dapat mengalami benjolan jinak pada gusi Anda yang berdarah saat Anda menyikat. Benjolan yang jarang ini disebut tumor kehamilan atau granuloma piogenik – nama yang menakutkan untuk sesuatu yang tidak berbahaya dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tumor kehamilan sebenarnya dapat muncul di mana saja pada tubuh Anda selama kehamilan, tetapi mereka muncul paling sering di mulut.

Sebuah tumor kehamilan dapat tumbuh hingga tiga-perempat inci dan mungkin lebih muncul di daerah di mana Anda memiliki radang gusi. Biasanya, menghilang setelah Anda memiliki bayi Anda, tetapi jika tidak, Anda harus menghapusnya. Jika hal itu menyebabkan ketidaknyamanan, mengganggu mengunyah atau menyikat, atau mulai mengalami pendarahan berlebihan, Anda dapat menghapusnya saat Anda sedang hamil.

Dapatkah penyakit gusi mempengaruhi kehamilan saya?

Mungkin, tapi bukti tidak konsisten. Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit gusi berdarah yang parah dan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Dan ada beberapa penelitian menunjukkan hubungan dengan preeklamsia, juga. Namun, penelitian lain menunjukkan tidak ada hubungan antara penyakit gusi dan komplikasi yang serius.

Dalam kasus apapun, penting untuk merawat gigi dan gusi selama kehamilan. Jika Anda tidak memperlakukan radang gusi, itu bisa lebih buruk dan berkembang menjadi periodontitis, bentuk yang lebih serius dari penyakit gusi di mana infeksi melampaui gusi Anda ke tulang dan jaringan lain yang mendukung gigi Anda.

Apa yang bisa saya lakukan?

Pencegahan adalah kunci utama. Jaga kebersihan mulut dengan baik dan mendapatkan pencegahan perawatan gigi secara teratur.

Sikat secara menyeluruh tapi lembut setidaknya dua kali sehari (setelah setiap makan jika mungkin), menggunakan sikat berbulu lembut-dan pasta gigi fluoride.

Dapatkan pencegahan perawatan gigi yang teratur. Dokter gigi dapat menghilangkan plak dan karang gigi yang tidak bisa hilang kalau hanya dengan menyikat gigi biasa. Jika Anda belum menemui dokter gigi baru-baru ini, jadwalkan kunjungan sekarang untuk pembersihan menyeluruh dan pemeriksaan.

Jangan menunda mendapatkan pengobatan untuk masalah gigi. Jika perlu, anestesi lokal seperti novocain aman selama kehamilan. Dan jika antibiotik diperlukan, terdapat obat yang aman untuk kehamilan yang tersedia.

Kapan saya harus menghubungi dokter gigi?

Selain pemeriksaan rutin, menjadwalkan janji dengan dokter gigi segera jika Anda memiliki salah satu dari berikut:

Sakit gigi
Gusi berdarah saat hamil yang sering dan menyebabkan Anda sakit

Tanda lain dari penyakit gusi, seperti bengkak, gusi lembut; surut gusi, bau mulut persisten, atau gigi melonggarkan

Pertumbuhan di mulut Anda, bahkan jika tidak menyakitkan atau menimbulkan gejala lain.

gusi berdarah saat hamil 5 bulan, cant authenticate your driver status gojek
Gusi Berdarah Saat Hamil? Apakah Normal? | rumahsehat | 4.5