Beberapa Kandungan Beserta Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Kentang merupakan salah satu makanan yang berasal dari umbi. Sebagian masyarakat menjadikan kentang sebagai makanan pelengkap. Kentang juga mudah ditemukan baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Selain mudahnya ditemukan, kentang juga merupakan makanan yang mudah untuk diolah.

Di Negara Asalnya Amerika, kentang dijadikan sebagai makanan pokok. Berbeda dengan di Indonesia, kentang sering diolah sebagai kripik, pelengkap sup, perkedel, sayur serta dijadikan semur. Bahkan banyak wirausahawan yang membuat kentang sebagai bahan jualan mereka seperti kripik kentang, kentang krispi dan kentang keju.

Adapun beberapa kandungan beserta manfaat kentang bagi kesehatan adalah :

manfaat kentang

  1. Mudah Dicerna

Sama halnya dengan nasi, kentang juga kaya akan kandungan karbohidrat dan serat larut dan tak larut. Selain itu kentang juga mudah untuk dicerna, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Bahkan kentang juga baik untuk menjaga dan mengontrol kesehatan usus.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam kentang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar gula serta fungsi otak. Selain itu kentang juga mengandung asam folat serta vitamin B6.

  1. Mengatasi radikal bebas

Kandungan fitonutrien dan antioksidan yang terdapat dalam kentang juga merupakan termasuk ceretonoid dan flavonoid. Keduan senyawa ini bermanfaat dalam melindungi serta mengatasi radikal bebas. selain dari itu, patatin merupakan jenis protein yang dapat bermanfaat sebagai anti oksidan dan anti imflamasi.

  1. Menyehatkan Kulit

Karena kandungan asam folat, kalium, fosfor, vitamin C, zat besi, zink dan magnesium, sehingga mengkonsumsi kentang secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Bahkan di Negara asalnya, kentang dibuat jus yang bermanfaat sebagai obat anti jerawat.

  1. Stabilkan Tekanan Darah

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapakan bahwa kentang kaya akan kandungan kukoamines. Dimana senyawa ini bermanfaat untuk menyembuhkan hipertensi serta mengontrol tekanan darah. Selain itu juga dapat menstabilkan fungsi jantung.

kentang goreng crispy

Demikianlah beberapa kandungan beserta manfaat kentang bagi kesehatan. Tak lepas dari obat ataupun makanan, untuk mendapatkan manfaatnya maka dibutuhkan konsumsi yang rutin dan teratur.

Beberapa Kandungan Beserta Manfaat Kentang Bagi Kesehatan | admin | 4.5