Wisata Alam Asri dan Sejuk di Tangkuban Parahu Bandung

Wisata Alam Asri dan Sejuk di Tangkuban Parahu Bandung | Menjelajahi tempat-tempat wisata di Indonesia tidak akan pernah habisnya apalagi jika kita sempat mengunjungi kota dengan beragam keindahan alam yang menyejukkan mata seperti Bandung. Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal Bandung sebagai pusat fashion Indonesia namun siapa sangka di alik itu semua kita bisa menemukan deretan wisata alam yang masih asli dan terjaga dengan baik. Pemerintah Bandung sepertinya mulai ingin menghidupkan wisata alam di kawasan tersebut agar tidak kalah dengan wisata di pusat kota Bandung. Jika anda suka menikmati keindahan alam, maka ada salah satu objek wisata yang wajib anda sambangi yaitu kawasan wisata Tangkuban Parahu.
Tangkuban Parahu menjadi salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia namun pengunjung tidak perlu ragu untuk datang ke objek wisata ini karena sudah ada pemantau aktivitas gunung berapi yang memastikan bahwa dalam waktu kunjungan tertentu gunung ini aman bagi para wisatawan. Akses ke daerah ini sudah sangat baik dan anda bisa menmpuhnya dengan kendaraan pribadi. Salah satu festival yang rutin di gelar di kawasan ini adalah festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu. Untuk bisa menyaksikannnya, anda harus berkunjung tepat sebelum festival tersebut digelar.

Wisata Alam Asri dan Sejuk di Tangkuban Parahu Bandung
Di kawasan gunung ini, muncul sebuah legenda rakyat yaitu legenda Sangkuriang yang amat terkenal. Diceritakan bahwa ada seorang anak bernama Sangkuriang yang tanpa sengaja jatuh cinta kepada ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi. Untuk menghindari pernikahan terlarang itu, Dayang Sumbi meminta sangkuiang untuk membuat danau dan perahu hanya dalam waktu satu malam. Sangkuriang gagal memenuhi permintaan tersebut dan akhirnya menendang perahu yang telah dibuatnya. Perahu tertelungkup dan kita kenal sebagai Tangkuban Parahu. Kawasan pegunungan yang sejuk mungkin akan membuat anda terlena dan ingin mengahabiskan beberapa malam di objek wisata tersebut. Anda bisa memilih satu diantara beberapa hotel di Bandung atau villa seperti:

Wisata Alam Asri dan Sejuk di Tangkuban Parahu Bandung

• Grand Paradise Hotel,
• Puteri Gunung Hotel,
• Omah Angkul Angkul,
• Vila Air Natural Resort,
• Villa Rumah Kayu.
Jika anda lebih menikmati kehidupan malam di kota Bandung, anda bisa memilih hotel di Bandung yang dekat dengan Gedung Sate. Spot paling indah di gunung Tangkuban Parahu ada di bagian kawah besar dimana anda akan disajikan dengan pemandangan kota Bandung dari atas. Anda harus berhati-hati dengan gas sulfur yang keluar dari beberapa bagian dan disarankan untuk membawa masker. Jika anda sudah merasa kelelahan karena seharian mendaki puncak gunung, anda bisa melepas lelah dengan beristirahat sambil bersantap siang di beberapa tempat makan yang ada di daerah Lembang.
Agar memori akan keindahan kawasan Gunung Tangkuban Parahu terdokumentasi dengan apik, anda disarankan untuk membawa kamera untuk memotret. Di kawasan ini juga ada beberapa sumber air panas kecil yang bisa anda manfaatkan. Berikut ini adalahbeberapa kegiatan yang bisa anda lakukan selama berada di tempat ini:
• Mengambil gambar alam yang masih asri,
• Melihat mata air panas dari jarak yang sangat dekat,
• Merebus telur di atas permukaan sumber air panas.
Jika anda tidak ingin pandangan anda tertutupi oleh kabut, usahakan untuk datang ke Gunung Tangkuban Parahu di pagi hari. Menjelang siang hari ada beberapa kawasan yang tertutup oleh kabut sehingga akan menggangu kenyamanan pengunjung. Jangan lupa untuk membawa beberapa lapis baju hangat untuk mencegah hippotermia dan sapu tangan untuk menangkal bau sulfur yang sangat menyengat.
Wisata Alam Asri dan Sejuk di Tangkuban Parahu Bandung | | 4.5