Cara Menggendong Bayi Sesuai Usianya

Cara Menggendong Bayi Sesuai Usianya | Menggendong adalah salah satu aktifitas yang mampu meningkatkan kedekatan emosi atau ikatan batin antara ibu dan anak. Tentu anda tidak ingin melewatkan hal sepele namun berharga ini bukan? Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, orangtua juga harus tahu bagaimana cara menggendong bayi yang baik sesuai dengan umurnya. Karena setiap tahap tumbuh kembang bayi diikuti dengan cara menggendong yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya di usia atau tahapan tersebut. 
Jika kita dapat melakukan aktifitas menggendong ini dengan baik, kita akan mendapatkan dampak positif yang maksimal sekaligus mengurangi resiko yang tidak kita inginkan seperti bayi cidera. Berikut ini kami berikan ulasan singkatnya mengenai cara menggendong bayi sesuai usianya.
• Usia 0 – 3 bulan
Pada usia ini tulang-tulang bayi masih belum kuat atau lemah. Sehingga posisi yang paling baik dan nyaman untuknya adalah dengan membaringkannya di lengan kita. Satutangan dan  siku kita untuk menopang leher dan kepalanya sedangkan tangan yang satunya untuk memegangi punggung hingga pantatnya.
• Usia 4 bulan
Pada dasarnya, pada usia ini cara menggendong yang tepat masiih sama dengan usia sebelumnya. Hanya saja anda boleh sesekali mendudukkannya di pangkuan kita dan menghadap ke depan dengan kepala bersandar di dada anda.
• Usia 5 bulan
Bayi usia 5 bulan umumnya sudah mampu menopang kepalanya sendiri degan baik. Sehingga cara menggendong yang baik adalah dengan menggendongnya di pinggang kita dengan kaki yang melingkar di pinggang dan bisa kita toang dengan satu tangan saja. Posisi badan bayi menghadap ke depan dengan menggunakan gendongan kanguru juga boleh dan baik dilakukan agar ia melihat sekelilingnya lebih luas sehingga lebih mengeksplore kemampuannya.
• Usia 6 bulan
Umumnya di usia ini bayi sudah mampu menopang kepala dan punggungnya dengan sempurna. Oleh karena itu pada usia ini anda sudah bisa menggendongnya di punggung.
Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang cara menggendong bayi sesuai usianya.. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda. 
Cara Menggendong Bayi Sesuai Usianya | | 4.5