Tips Membuat Pondasi Rumah yang Kuat

Tips Membuat Pondasi Rumah yang Kuat | Semua orang pastinya ingin mempunyai rumah dengan desain yang bagus serta dapat berdiri kokoh selama mungkin. Rumah yang mewah dan desain yang bagus tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada pondasi kuat yang mendukungnya. Setiap rumah yang berdiri kokoh memiliki pondasi yang sesuai dengan bangunannya. Rumah yang kuat dan kokoh tergantung dari pondasi yang memikulnya. Jika pondasi rumah lemah kemungkinan besar bangunan rumah akan mudah mengalami kerusakan dan keretakan. Tentunya anda tidak ingin hal seperti itu terjadi pada rumah anda yang bisa mengakibatkan kecelakaan di rumah anda.
Memilih pondasi harus disesuaikan dengan bentuk bangunan yang akan anda buat dan material yang akan anda gunakan. Pondasi memiliki jenis yang beragam dan bisa disesuaikan dengan bangunan rumah yang akan didirikan. Jika anda tepat dalam memilih pondasi untuk bangunan rumah anda, maka rumah yang akan anda tempati akan menjadi hunian yang aman dan kuat selama berpuluh-puluh tahun. Jadi merancang sebuah bangunan rumah jangan hanya terfokus pada desain dan model yang akan anda tentukan, akan tetapi anda juga harus menentukan pondasi yang tepat sebagai awal kekuatan rumah anda.
Memilih pondasi rumah tidak hanya disesuaikan dengan bentuk bangunan dan materialnya saja, tetapi anda harus tahu juga bagaimana struktur tanah yang juga akan menopang rumah anda nantinya. Berikut ini ada penjelasan mengenai pondasi rumah yang kuat.
Sebenarnya ada beberapa cara membuat pondasi rumah, salah satunya adalah membuat pondasi dengan batu kali. Pondasi batu kali adalah salah satu jenis pondasi dari beberapa macam pondasi rumah yang ada. Pondasi batu kali drekatkan dengan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 4, sedangkan tehnik yang lain yaitu dengan menggunakan beton bertulang yang dicampur dengan semen, pasir, dan juga kerikil dengan perbandingan 1 : 2 : 3, serta pada bagian dalamnya diberi tulangan besi.
Untuk membuat pondasi yang lebih kuat maka tekanan beban yang dipikul harus merata. Oleh karena itu harus dipasang sloof yang terbuat dari tulangan besi dan kemudian dicor dengan campuran semen, pasir, dan juga kerikil dengan perabandingan 1 : 2 : 3.
Agar pondasi lebih kuat lagi, ada tehnik lain yang bisa dilakukan yaitu dengan memasang plastik polyfiled. Plastik polyfield adalah jenis plastik yang sering digunakan para pedagang kaki lima. Caranya plastik tersebut digelar pada galian pondasi kemudian taburkan kerikil di atas plastik dengan ketebalan 15-20 cm. Lalu kerikil tersebut dipadatkan secara merata. Setelah padat dan merata buatlah pondasi sesuai dengan bangunan rumah anda, bisa menggunakan pondasi dengan tatanan batu kali atau bisa menggunakan pondasi sistem beton. Jika anda ingin membuat rumah dengan bentuk 2 lantai atau lebih, gunakan pondasi cakar ayam atau foot plate. Karena pondasi tatanan batu kali saja tidak cukup untuk menopang rumah dua lantai atau lebih.
Setelah anda selesai merancang pondasi rumah yang sudah anda tentukan, barulah anda merencanakan desain rumah sesuai yang anda inginkan, dengan begitu rumah anda tidak hanya cantik dan indah dengan desain yang bagus akan tetapi juga memiliki kekuatan yang cukup untuk berdiri kokoh. Apabila pondasi rumah anda kuat dan mampu menopang beban bangunan yang berada di atasnya, maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan bangunan rumah anda. Karena seringkali seseorang salah dalam menentukan pondasi rumahnya sehingga bangunan rumah tersebut cepat mengalami keretakan pada bagian dindingnya. Tidak hanya keretakan bangunan saja, rumah yang sebelumnya berdiri kokoh akan mudah runtuh dan bisa membahayakan nyawa orang-orang yang berada di dalamnya.
Tips Membuat Pondasi Rumah yang Kuat
Tips Membuat Pondasi Rumah yang Kuat
Demikian penjelasan singkat tentang tips membuat pondasi rumah yang kuat. Semoga setelah membaca ulasan di atas anda akan mempunyai pandangan tentang pondasi yang akan anda pilih dan sesuai dengan bentuk bangunan yang akan anda buat sehingga bisa memudahkan anda dalam proses pembangunan rumah impian anda dan keluarga. Semoga bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekitar anda. Terima kasih. 
[www.emmebi.biz]
cara membuat pondasi dari plastik
Tips Membuat Pondasi Rumah yang Kuat | | 4.5