Desain Rumah Tropis

Desain Rumah Tropis | Pengertian rumah tropis, apakah Anda mengetahui bagaimana yang di maksud dengan rumah tropis? Berikut ini kami akan membahas mengenai rumah tropis, jadi bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana rumah tropis tersebut, maka simaklah pada penjelasan di bawah ini.
Rumah Tropis adalah sebuah rumah dimana bentuk maupun elemen – elemen dalam pembentuknya dirancang sedemikian rupa desainnya sehingga cocok dan nyaman untuk daerah yang beriklim tropis. Konsep Desain Rumah Tropis akan lebih mengoptimalkan potensi iklim tropis dan juga mengurangi dampak atau pengaruh buruk dari iklim tropis. Dengan kata lain konsep dari desain rumah tropis ini adalah konsep desain yang mampu beradaptasi pada iklim tropis.
Desain rumah tropis
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai konsep dasar dari desain rumah tropis, kita juga perlu mengenal terlebih dahulu apa dan bagaimana sebenarnya daerah dengan iklim tropis tersebut. Langsung saja mari kita bahas seperti apa dan bagaimana daerah yang beriklim tropis tersebut.
Daerah beriklim tropis adalah suatu daerah yang berada diantara pada garis 23 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan dan juga berada di sekitar garis khatulistiwa. Kondisi iklim di daerah tropis sangat dipengaruhi oleh penyinaran pada matahari yang terjadi terus menerus setiap hari hingga sepanjang tahun. Faktor dari matahari inilah yang bisa menjadi potensi sekaligus juga kendala dari iklim tropis tersebut. Karena cahaya dari matahari tersebut merupakan salah satu potensi di daerah iklim tropis yang melimpah di setiap hari hingga sepanjang tahun. Rata – rata pada daerah tropis ini menerima cahaya matahari hampir selama 12 jam dalam atu hari.
Namun di daerah yang beriklim tropis ini juga mempunyai suatu permasalahan, yaitu kondisi udara yang panas akibat dari suhu udara dan kelembaban udara yang tinggi. Sehingga kondisi udara yang panas tersebut dapat dirasakan melebihi dari batas ambang kenyamanan, maka dari itu untuk bisa memiliki rumah singgah yang dapat memberikan kenyaman kepada para penghuninya di daerah iklim tropis tersebut Anda juga harus memahami betul mengenai prinsip – prinsip dari desain rumah tropis tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya.
Prinsip desain dari rumah tropis :
• Sebagaimana yang telah kami jelaskan pada pembahasan di atas, bahwa dalam permasalahan yang utama pada sebuah rumah di daerah yang beriklim tropis adalah permasalahan mengenai suhu udara yang cukup panas. Untuk itu dalam konsep desain rumah tropis seperti ini perlu adanya pengendalian yang baik terhadap suhu udara di dalam rumah Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat kami informasikan kepada Anda mengenai cara pengendalian terhadap suhu udara yang terdapat pada rumah Anda.
Pengendalian suhu udara dapat dilakukan dengan cara :
• Memperbesar volume ruang atap, karena dengan memperbesar volume ruang atap udara yang masuk pun akan lebih banyak sehingga akan terasa lebih segar, selain itu juga dapat memberikan kesan lebih luas.
• Memperbesar atau memperluas ukuran lubang pada ventilasi ruangan Anda, sehingga akan dapat mempermudah dan memperlancar udara yang masuk, selain itu volume udara yang masuk secara otomatis akan lebih banyak di banding sebelumnya.
• Selanjutnya yaitu dalam penataan pada ruang yang bersifat lebih terbuka atau di desain luas dengan mengurangi ada gangguan dari berbagai macam furniture atau benda – benda di dalam ruangan tersebut, sehingga angin lebih mudah bergerak saat terjadinya proses pergantian udara di dalam ruangan tersebut, baik udara kotor dengan udara bersih atau segar.
• Kemudian Anda juga dapat menambahkan atau memasukkan unsur air yang berupa kolam di sekitar rumah yang lebih tepatnya pada dekat ventilasi atau jendela yang juga dapat mengurangi suatu suhu udara yang panas tersebut. Mungkin bisa juga dengan Anda letakan aquarium pada ruangan Anda dengan air yang bersih dan ikan yang lucu dan tambahan percikan air, sehingga dapat membangunkan suasana yang sejuk.
• Dan yang lebih tepat lagi adalah Anda dapat memperbanyak unsur tanaman atau membuatkan taman di sekitar rumah Anda, terutama yang terlihat secara langsung dari jendela rumah atau di depan ventilasi tempat proses pergantian udara tersebut.
Sampai disini pembahasan mengenai desain rumah tropis yang dapat Anda contoh untuk menghasilkan suasana atau suhu yang nyaman. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 
[www.emmebi.biz]
Desain Rumah Tropis | | 4.5