Mengetahui Kinerja dan fungsi Clone Tool

Mengetahui Kinerja Menggunakan Clone Tool

Kiosphoto.com –  Baiklah setelah kita memahami fungsi layer pada photohop, Kali ini kita akan mengetahui kinerja serta keuntungan menggunakan Clone Tool. Ketika kita mengambil foto baik pada media internet atau menggunakan camera digital terdapat suatu goresan seperti goresan pena atau terdapat lambang/simbol yang tidak diinginkan untuk dihilangkan atau diganti, kita dapat memaksimalkan hasil foto tersebut dengan menggunakan Clone Tool. Jika Anda belum mengetahui fungsi clone tool silahkan baca artikel sebelumnya  di sini.

 

Berikut Langkah-Langkah Menggunakan Clone Tool :

1. Buka gambar yang ingin Anda edit dengan Aplikasi Photoshop.
photoshop dasar

2. Klik dan pilih Clone tool pada Tool Box yang berada sebelah kiri (Shortcut S)

3. Tekan dan tahan tombol ALT pada keyboad dan arahkan mouse/pointer pada bagian yang ingin Anda duplikat. Sebagai referensi pada gambar ini kita akan mengclone tanda lingkaran merah dan menggantinya dengan gambar yang berada di sekitar obyek awan.

photoshop dasar
4.Setelah Anda menentukan area yang dipilih lalu lepasakan tombol ALT. Mulailah lakukan perubahan area dengan menggunakan mouse, Geser mouse perlahan-lahan sehingga gambar terclone secara merata. Hasil gambar yang sudah terclone seperti di bawah ini. terlihat jelas jika gambar sudah merata dengan obyek lain disekitar clone.
photoshop dasar

Tidak hanya itu, karena kita menempatkan pada area awan maka gambar tersebut juga akan terduplikat dengan obyek awan. itulah fungsi dan kegunaan dari clone tool. Selanjutnya Anda dapat mengedit dan mengatur warna, kecerahan dan tone gambar agar terlihat lebih cerah dan terang.
Mengetahui Kinerja dan fungsi Clone Tool | kiosfoto | 4.5