Mengenal Fungsi layers pada photoshop

Fungsi layers pada photoshop – Baiklah tutorial kali ini Kiosphoto akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan layer di dalam sebuah aplikasi Adobe Photoshop. Layer merupakan sebuah element yang ada pada photoshop sering digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar, dapat juga diartikan beberapa gambar tersebut ditumpuk/ disatukan sehingga terlihat menjadi sebuah obyek atau gambar yang bagus.
Setiap obyek gambar yang diletakan dalam satu lapisan layer dan digabungkan dengan lapisan layer lainnya sehingga membentuk sebuah obyek gambar. Gambar yang berada pada layer atas akan berada pada tumpukan yang paling atas. Sehingga gambar yang berada dibawah tidak akan terlihat karena tertutup oleh tumpukan obyek layer yang berada diatas.

Dengan adanya sebuah layer di dalam aplikasi photoshop memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah obyek gambar atau teks tanpa mengganggu obyek yang lainnya. Untuk Lebih jelasnya mengenai pengaturan dan Fungsi layers pada photoshop, silahkan Anda lihat gambar dan penjelasan tentang Fungsi layers pada photoshop di bawah ini :
fungsi-layers-pada-photoshop
Layer Mode : berfungsi untuk mengatur proses yang terjadi pada pixel-pixel layer dan warna layer terhadap layer yang ada, secara default mode layer adalah Normal Mode yang menyebabkan layer yang diatas menutupi layer yang berada di bawahnya
Locking Controls : sebuah panel yang berisi menu lock transparent pixel, lock image pixel, lock position, dan lock all.
Visibility Toogle : berfungsi untuk menunjukkan atau menyembunyikan sementara layer yang aktip.
Layer Thumbnail: merupakan tampilan mini dari sebuah obyek gambar. Jika layer yang berisi tulisan atau teks maka gambar mini yang akan terlihat adalah sebuah huruf T.
Background Layer : adalah latar belakang dari layers.
Link Layer: berfungsi untuk membuat agar bisa mengelompokkan banyak layer sekaligus.
Add Layer Style: berfungsi untuk menambahkan effek pada layer.

Add Layer Mask: berfungsi untuk menutupi sebagian/ seluruh lapisan gambar dari proses pengeditan.
Create Adjustment Layer: berfungsi untuk memberikan effek maupun menggubah warna pada layer.

New Grup: berfungsi untuk mengelompokkan beberapa layer menjadi suatu kumpulan layer, fungsi ini untuk mempermudah Anda dalam proses pekerjaan yang menggunakan banyak layer.

New Layer: berfungsi untuk membuat dan menambahkan layer baru.

Delete Layer: untuk menghapus layer dan effek layer yang aktip.

Layer Lock: untuk mengunci layer agar tidak bisa diubah, sebuah obyek yang berektensi jpg biasanya selalu terkunci. Cara untuk membuka kunci pada layer background ini, yaitu dengan melakukan klik 2 kali pada layer tersebut, kemudian klik OK.
Active Layer: pemberitahuan untuk sebuah layer dalam keadaan aktip, artinya anda dapat mengubah dan mengedit layer tersebut.
Group Layer: pemberitahuan layer dalam keadaan pengelompokan, ini akan aktip jika Anda menggunakan menu New Grup.
Layer Name: nama sebuah layer, untuk mengubah nama layer klik 2x pada nama layer.
Layer Menu: menu dari semua layer yang berisi tools yang bermanfaat.
Layer Opacity: berfungsi untuk mengatur tingkat transparansi sebuah layer. Semakin kecil nilai presentase yang dipilih, maka layer yang aktip akan semakin transparan.
Demikianlah fungsi layers pada photoshop yang dapat Anda pelajari, mudah-mudahan pembahasan mengenai fungsi Layers pada photoshop dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan memulai belajar ilmu photoshop. Simak juga tulisan saya selanjutnya yang akan membahas tutorial edit foto menggunakan Aplikasi adobe photoshop.
Mengenal Fungsi layers pada photoshop | kiosfoto | 4.5