Cara mudah menghapus background foto

Menghapus Background Foto merupakan salah satu pembelajaran dasar yang dilakukan untuk memodifikasi background foto dengan background lain agar foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik. Pemisahan objek dari background dalam photoshop sudah sangat pupuler dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan editing foto, misalnya membuat background foto berubah warna menjadi merah/ biru yang biasanya digunakan untuk kebutuhan pas foto, selain itu ada juga yang mengganti background foto menjadi background lain sehingga foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik.

cara-mudah-menghapus-background-foto
Kali ini Kiosphoto akan memberikan tutorial cara paling mudah menghapus background foto menggunakan aplikasi adobe photoshop dengan bantuan Eraser Tool (shotcut E), sebenarnya ada banyak tool yang bisa kita gunakan untuk menghapus backgound foto diantaranya dengan menggunakan Quick Selection Tool, Pen Tool dan Extract yang sudah ada tersedia banyak tutorial nya di internet, namun kita akan menggunakan Eraser Tool yang menurut kami merupakan cara yang paling mudah dalam menghapus obyek foto dari backgound nya, baiklah tanpa basa basi lagi silakan Anda simak tutorial cara mudah menghapus background foto di bawah ini:
1. Buka program Aplikasi adobe photoshop, bagi Anda yang belum menginstall photoshop silakan download dan install Adobe photoshop cs 2 melalui link berikut ini Download Aplikasi Edit Foto
2. Buka file foto yang akan di hapus background nya, sebagai contoh kami menggunakan foto berikut ini.
menghapus-background-foto
3. Pilih Eraser Tool atau tekan tombol E pada keyboard, gunakan Background Eraser Tool untuk menghapus background.

menghapus-background-foto
4. Secara pertahap hapus background dengan klik kiri mouse lalu rapikan sisa background yang belum terhapus dengan Eraser Tool. Anda dapat mengatur diameter brush yaitu untuk memperbesar dan memperkecil sudut penghapus brush dengan cara klik kanan mouse pada lembar kerja, seperti gambar berikut ini.

menghapus-background-foto
Gunakan Zoom Tools (shotcut Z) apabila diperlukan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja dan menghapus bagian terkecil pada background foto yang sulit karena berbentuk sudut yang kecil. Jika Anda salah menghapus obyek foto Anda dapat menggunakan CTRL + Z yang berfungsi untuk mengembalikan obyek foto yang terhapus. Setelah Anda selesai menghapus background nya maka hasil akhir pengeditan akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
menghapus-background-foto
5. Untuk menambahkan warna latar atau memasukan gambar wallpapaer, buatlah sebuah layer baru dengan Klik F7 dan pilih create a new layer, lalu tempat kan layer 1 dibawah layer 0 dengan cara tahan mouse kiri dan geser ke bawah. Selanjutnya Anda dapat menggunakan Paint Bucket Tool (shotcut G) untuk mengganti dengan warna yang anda suka atau memasukan wallpaper gambar pada layer 1. perhatikan gambar di bawah ini.

menghapus-background-foto


6. Pada tutorial ini kami menggunakan wallpaper gambar yang tersedia di internet, yaitu wallpaper Barbie. Selanjutnya Klik file – open atau (Ctrl+O) untuk memasukan gambar background tersebut. Setelah itu ubah tampilan lembar kerja menjadi 2 bagian yaitu dengan cara Window – Arrange – Tile.
menghapus-background-foto
Gunakan Move tool (V) untuk memindahkan gambar background barbie ke obyek foto. untuk mengatur lebar dan tinggi obyek foto Anda dapat gunakan Rectangular marquee tool (M), Klik kanan pada lembar kerja dan pilih Free Transform, atur obyek foto sesuai dengan ukuran background.
7. Langkah terakhir klik file save as (Shift+Ctrl+S) untuk menyimpan hasil pengeditan.

Hasil Akhir Pengeditan Background.

menghapus-background-foto

Demikianlah tutorial cara mudah menghapus background foto dan menggantinya dengan wallpaper yang lebih keren. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengganti background dengan gambar lainnya yang lebih menarik. Jika ada pertanyaan atau ada langkah yang kurang Anda mengerti silakan kontak kami atau berkomentar di bawah. Salam editing.
download 3Dparalax terbaik, wallpaper pria berdasi
Cara mudah menghapus background foto | kiosfoto | 4.5