Tahap Awal Belajar Edit Foto

Tahap Awal Belajar Edit Foto – Dalam mengolah dan mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan keren tidaklah begitu sulit untuk dipelajari, semua orang pasti bisa melakukannya asalkan ada keinginan untuk berusaha dan belajar dalam mengasah keterampilan mengedit foto.
Sebagai seorang pemula langkah awal yang harus di lakukan dalam belajar edit foto adalah dengan belajar pada seorang yang ahli dalam desain grafis, ini bisa kita lakukan dengan meminta tutor langsung kepada teman atau keluarga yang sudah menguasai desain grafis. Selain dengan cara itu kita juga bisa belajar mandiri (Otodidak) dengan membaca buku desain grafis atau melihat tutor online di internet dan menonton video belajar edit foto di youtube.

belajar-edit-foto

Ada beberapa tahapan awal dalam belajar edit foto yang perlu kita perhatikan, diantaranya yaitu :

  • Belajar secara rutin, meluangkan waktu sebentar untuk belajar menguasai edit foto dapat kita lakukan dengan melihat tutor dari sebuah blog atau mempelajarinya melalui video tutorial. Kita dapat latihan mencoba hal yang sama di lakukan dalam blog atau video tutorial tersebut dalam mengedit foto, semakin rutin kita latihan maka akan mengasah keterampilan kita dalam mengedit foto.
  • Tidak memuji hasil karya sendiri, Puas dengan hasil karya yang kita hasilkan dalam mengedit foto akan menjadikan kita untuk memberikan pujian sendiri atas hasil yang kita lakukan, pujian ini melenakan diri kita sendiri untuk tidak memperbaiki setiap kekurangan pada diri kita, hasilkan lah karya yang baik untuk setiap harinya dengan terus mempelajari apa saja kekurangan yang terdapat pada diri kita.

  • Bertanya pada seorang yang ahli dalam desain grafis, dalam mencoba edit foto kita akan di hadapkan pada suatu permasalahan yang  membuat kita tidak tahu akan fungsi suatu tools yang terdapat pada aplikasi edit foto. Selain itu, ada beberapa cara yang dilakukan tutor sedikit lebih rumit sehingga kita tidak dapat megikuti tutor yang di berikan dan menjadikan hasil edit yang kita buat tidak sempurna. Maka, dalam hal ini kita dapat bertanya langsung pada tutor yang memberikan tutorial tersebut atau bergabung dengan forum grup edit foto untuk bertanya dan menambah wawasan dalam mengedit foto.

  • Mau menerima kritik dan saran orang lain, dengan menerima semua kritik yang ditujukan untuk hasil karya yang kita buat, akan mengetahui apa yang menjadi kekurangan pada diri kita, bahkan bila kritik itu datang dari seseorang yang tidak mengerti sama sekali tentang hasil edit foto tersebut kita harus menerima dengan baik, karena mata dan selera setiap individu itu berbeda dalam menilai suatu karya. Bisa jadi apa yang kita hasilkan itu bagus, akan tampak buruk di mata orang lain.

Mudah-mudahan artikel Tahap Awal Belajar Edit Foto ini dapat memberi sedikit informasi, mengenai dasar belajar edit foto bagi pemula, sebagai referensi nantikan tulisan-tulisan saya berikut nya yang akan membahas tutorial edit foto menggunakan aplikasi yang sudah tidak asing lagi yaitu Photoshop.
photoshop edit peci
Tahap Awal Belajar Edit Foto | kiosfoto | 4.5