Askep Diabetes Mellitus

Askep Diabetes Mellitus

Askep diabetes mellitus. (Foto: Wikipedia)

Askep diabetes mellitus merupakan asuhan keperawatan diabetes mellitus yang dilakukan dengan proses atau rangkaian kegiatan pada praktik keperawatan yang diberikan secara langsung kepada pasien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat penyakit diabetes dapat memicu munculnya penyakit lain yang semakin membahayakan kesehatan penderita.

Salah satu penyakit yang biasa muncul pada penderita diabetes mellitus adalah adanya infeksi pada kulit. Hal ini umumnya muncul ketika pada penderita diabetes mellitus terkena luka dan luka tersebut sulit untuk sembuh karena kandungan gula darah yang tinggi menghambat proses penutupan luka. Selain itu, gula merupakan media dan juga sumber makanan dari bakteri sehingga tak heran jika pada luka penderita diabetes mellitus bakteri mudah tumbuh. Untuk itu, jika tidak dilakukan askep diabetes mellitus dengan benar, luka tersebut membusuk dan tentunya akan berakibat fatal bagi penderita.

Dalam kegiatan askep diabetes mellitus yang biasa dilakukan oleh para tenaga ahli kesehatan khususnya untuk bidang perawat, mereka akan menyarankan dan juga memberikan pengobatan dasar untuk mengatasi penyakit yang diderita oleh pasien baik itu penyakit utamanya yaitu diabetes atau mungkin terhadap komplikasinya. Sebagai contoh, penderita diabetes yang terkena luka yang tak kunjung ssembuh diberikan pengobatan dengan pemberian obat clindamisin.

Pemberian obat pada kegiatan askep diabetes mellitus ini tentunya dengan tujuan untuk kesmbuhan pasien. Askep yang dilakukan pun bukan hanya mengenai pengobatan dasar saja, mengenai kedalaman, lebar dan lama penderita mengalami luka tersebut tetap menjadi bahan pertimbangan dalam menjalankan askep.

Memang bukan hal yang mudah untuk melakukan askep diabetes mellitus karena melihat penyakit ini rentan terhadap penyakit lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan khusus sehingga apa yang anda lakukan dapat memberikan manfaat untuk penderita.

Itulah uraian singkat mengenai askep diabetes mellitus yang dapat admin berikan. Tentunya dalam menjalankan askep diabetes mellitus berdasarkan kaidah-kaidah dalam tenaga profesi keperawatan. Semoga bermanfaat.

Askep Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5