Resep Masakan Mie Goreng Jawa, buat sarapan sehat dengan mudah

Resep Masakan Mie goreng Jawa by NgobrolAsik.com – Siapa sih yang tak pernah makan mie? Tentu sebagian besar dari kita pernah memakanya. Selain rasanya yang nikmat, cara penyajianya juga praktis. Menu yang di buat dari mie memiliki jenis yang beragam. Mulai dari mie ayam, mie bakso, atau bahkan mie instant yang penyajianya juga sangat praktis. Mie lebih identik dengan makanan orang Cina. Karena mayoritas orang Cina menjadikan mie sebagai menu harian mereka. Tapi bukan berarti Indonesia tak memiliki menu khas yang berbahan mie lho. Banyak kok menu tradisional Indonesia yang menggunakan mie sebagai bahan bakunya. Salah satunya adalah resep masakan tradisional mie goreng Jawa.

Bahan-bahan yang mudah di dapat dan cara memasaknya yang tak begitu sulit, menjadikan semua orang mampu membuat menu ini sendiri di rumah. Nah, jika anda berminat dan ingin mencoba memasak resep tradisional mie goreng Jawa, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan Mie Goreng Jawa

Sebelum kita mulai memasak, maka anda harus sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini. Anda tak perlu risau. Karena semua bahan resep masakan mie goreng Jawa sangat mudah di dapat. Anda bisa membelinya di mini market atau pasar tradisional di tempat anda. Atau jika ingin lebih praktis, anda dapat membelinya di pedagang sayur yang biasa keliling. Bahan-bahan resep masakan mie goreng Jawa adalah sebagai berikut:

1- Siapkan satu bungkus mie telur kering, masak lalu tiriskan.

2- Siapkan juga 100 gram udang galah yang telah di kupas kulitnya.

3- Satu batang daun bawang di iris halus.

4- Tiga batang daun seledri juga di iris halus.

5- Satu butir telur ayam.

6- Kecap manis jika anda suka(optional).

7- Daun sawi secukupnya.

8- Minyak goreng secukupnya.

9- Bawang Goreng

Bahan Bumbu halus

1- Empat siung bawang merah.

2- Tiga siung bawang putih.

3- Tiga butir kemiri utuh, sangarai.

4- 14 butir merica bulat.

5- Satu sendok teh garam.

Cara memasak resep mie goreng Jawa

resep masakan mie goreng jawa enak lezat

Setelah semua bahan dan bumbu di siapkan, kini saatnya kita mulai memasak mie goreng Jawa. Adapun tata caranya, anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

1- Rebuslah mie hingga kematangan yang cukup lalu tiriskan. Setelah itu, lumuri mie yang telah di rebus tadi dengan minyak goreng kira – kira 1-2 sendok makan lalu aduk hingga rata.

2- Panaskan 2 sendok makan minyak goreng dalam wajan.

3- Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan telur, lalu orak arik hingga matang.

4- Masukkan udang galah yang telah dikupas kulitnya. Aduk – aduk, setelah itu masukkan sawi hingga setengah layu.

5- Masukkan mie yang telah di lumuri minyak tadi beserta potongan daun bawang dan seledri. Aduk sampai rata dan tunggu hingga bumbu meresap ke dalam mie.

6- Tambakan kecep sesuai selera dan tambah dengan garam secukupnya, lalu aduk hingga rata sampai mie mulai sedikit mengering.

7- Setelah semua rata dan rasa sudah cukup dan pas, anda sudah siap menikmati mie goreng Jawa anda. matikan api, lalu hidangkan dalam piring saji dan tambah beberapa asesoris agar terlihat cantik.

Nah, cukup mudah bukan? Anda dapat memasak mie goreng Jawa ini untuk menu sarapan atau makan malam. Jangan lupa buah dan segelas susu sebagai tambahan gizi. Tentunya, menu yang sehat juga akan baik untuk tubuh dan pencernaan kita. Semoga bermanfaat, dan kalau masih banyak waktu bisa lirik resep masakan lainnya seperti: Resep masakan ayam goreng gurih, atau resep kue biji kurma untuk menemani buka puasa anda.

bumbu bakmi goreng jawa, bumbu mie goreng jawa
Resep Masakan Mie Goreng Jawa, buat sarapan sehat dengan mudah | admin | 4.5