Resep Masakan Ayam goreng Kalasan, menu nikmat dengan cita rasa khas

Share Ngobrolasik ttg Resep Masakan Ayam goreng Kalasan – Dari sekian banyak menu resep masakan Ayam, mungkin menu masakan ayam goring kalasan ini termasuk menu yang memiliki cita rasa yang cukup khas. Karena kuliner dari daerah Jogjakarta ini, terkenal memiliki rasa yang cukup unik di banding menu ayam yang lain. Hal tersebut tak lepas dari tata cara memasak ayam goreng kalasan. Karena sebelum ayam di goreng, daging ayam akan di rebus terlebih dahulu dengan santan dan bumbu-bumbu lain. Hal tersebut yang menjadikan resep masakan ayam goreng kalasan ini memiliki rasa yang khas. Karena semua bumbu sudah meresap ke dalam daging ketika dalam proses perebusan.

Untuk anda yang penasaran dan ingin mencoba memasak resep ayam goreng kalasan ini, maka pada resep masakan ayam kali ini kita akan mencoba membuat resep masakan ayam goreng kalasan. Cukup mudah dan praktis, jadi anda tak akan kesulitan untuk membuatnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak penjelasan si bawah ini.

Bahan resep masakan ayam goreng kalasan

Bahan-bahan untuk membuat ayam goreng kalasan kremes cukup simple dan sederhana. Anda dapat dengan mudah mendapatkan bahan-bahan ini. Anda dapat membelinya di pasar, di mini market, atau tukang sayur langganan anda. Adapun bahan-bahan yang di butuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Enam potong paha ayam bagian atas atau bawah, sama saja.
  2. Setengah liter santan kelapa.
  3. Seperempat sendok teh soda kue.
  4. Dua lembar daun salam

Bumbu resep ayam goreng kalasan

resep masakan ayam goreng kalasan

Semua bumbu ini natinya akan kita gunakan untuk merebus dan memasak menu Ayam goreng Kalasan rasa restaurant yang kita buat. Enak atau tidaknya menu Ayam goreng Kalasan kreasi kita, tergantung dari bumbu-bumbu ini.

  1. Siapkan lima siung bawang putih yang telah di haluskan
  2. 1 centimeter lengkuas yang dimemarkan
  3. Siapkan garam secukupnya.
  4. Gula merah secukupnya.
  5. Minyak goreng secukupnya.

Pelengkap tambahan

Agar rasanya lebih nikmat ketika di hidangkan, anda dapat menambahkan beberapa menu pelengkap. Adapun menu pelengkap yang bisa anda gunaka adalah sebagai berikut.

  1. Tomat yang sudah di iris tipis.
  2. Lalapan. Bisa menggunakan mentimun, selada, atau daun kemangi.
  3. Sambal tomat goreng.
  4. Tumis kangkung untuk sayur tambahan.

Cara memasak Ayam goreng Kalasan

Setelah semua bahan, bumbu, dan pelengkap tambahan sudah siap, kini waktunya kita untuk mulai memasak Ayam goreng Kalasan kremes. Caranya tak begitu sulit, hanya beberapa langkah saja maka menu Ayam goreng Kalasan anda sudah siap untuk di hidangkan. Adapun cara memasak Ayam goreng kalasan, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Bersihkan ayam lalu rebus dengan santan kelapa beserta bahan-bahan lainnya, diamkan beberapa saat hingga santannya menyusut atau daging ayam telah lunak. Jika perlu tambahkan lagi air ketika merebus ayam hingga daging ayam empuk
  2. Setelah di rasa bumbu sudah meresap dan daging ayam sudah empuk, angkat dan tiriskan
  3. Siapkan wajan untuk mulai memanaskan minyak, selanjutnya goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan.Lalu angkat dan tiriskan
  4. Langkah terakhir agar terlihat lebih menarik, gunakan air sisa rebusan yang tadi untuk mengoles ayam yang telah digoreng tersebut agar tampak mengkilat dan menarik.

Nah, cukup mudah bukan resep ayam goreng kalasan diatas? Kini anda dapat memasak Ayam goreng Kalasan anda sendiri. Anda dapat berkreasi sendiri dengan ide-ide anda agar rasa dan tampilanya lebih menarik lagi. Selamat mencoba.

ayam goring
Resep Masakan Ayam goreng Kalasan, menu nikmat dengan cita rasa khas | admin | 4.5