Resep Masakan Sayur Lodeh, Kuliner khas Jawa Tengah dan Jawa Barat

Resep Masakan Sayur Lodeh ditulis dan disharing oleh NgobrolAsik.com – Sayur lodeh, adalah sebuah kuliner berkuas yang menjadi ciri kkhas dari kuliner Jawa Tengah dan Jawa Barat. Rasanya yang cukup segar dan nikmat, membuat sayur lodeh memiliki cita rasa yang cukup khas. Jika anda adalah orang Jawa Tengah atau Jawa Barat, tentu sudah tak asing dengan menu sayur lodeh. Karena menu ini cukup merakyat dan cukup familiar, terutama untuk ekonomi menengah ke bawah.

Bahan-bahan yang murah serta cara memasak sayur lodeh yang simple dan cukup mudah, menjadikan sayur lodeh sering masuk dalam menu harian. Meski terkadang di selingi juga dengan sayur asam atau sayur bayam. Maklum, jika tiap hari menu sayur lodeh terus, tentu akan bosan juga kan?

Nah, bagi anda yang ingin bisa ikut menikmati sayur lodeh tapi tak tahu resep dan cara memasak sayur lodeh, anda tak usah risau. Karena pada menu kali ini kita akan membahas tentang resep sayur lodeh dan cara membuatnya. Caranya cukup mudah, sehingga anda pasti tak akan kesulitan untuk mempraktekanya sendiri di rumah. Tak usah lagi di bahas panjang lebar, langsung kita mulai saja memasak resep sayur lodeh ini.

Bahan dan bumbu resep masakan Sayur Lodeh

resep masakan sayur lodeh

Yang namanya masakan, tentu tak lepas dari bahan serta bumbu yang di gunakan. Maka, sebelum anda mulai memasak sayur lodeh, sebaiknya anda sudah menyiapkan terlebih dahulu bahan dan bumbu di bawah ini.

1- Satu ikat kacang panjang, di potong-potong seukuran korek api.

2- Siapkan juga daun dan buah melinjo secukupnya.

3- Dua lembar daun salam.

4- Dua buah labu siam ukuran sedang di potong dadu.

5- 250 ml santan kelapa kental.

6- Dua buah terong putih di kupas lalu potong kecil-kecil.

7- Satu buah jagung manis, di potong-potong.

8- 400 ml air.

9- Satu buah tomat yang di iris-iris.

10- Satu sendok teh garam.

11- Satu sendok teh gula merah.

12- Setengah sendok teh penyedap rasa.

Bumbu halus Sayur Lodeh

Setelah semua bahan di atas siap, anda harus siapkan juga untuk bumbu halusnya. Semua bumbu di bawah ini nanti yang akan jadi bumbu halus.

1- Tiga siung bawang putih.

2- Tiga buah cabe merah yang buang bijinya.

3- Enam siung bawang merah.

4- Setengah sendok teh terasi.

5- Empat butir kemiri.

Cara memasak Sayur Lodeh

1- Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis bumbu halus hingga harum, kemudian sisihkan.

2- Rebus dahulu jagung manis dan melinjo hingga setengah matang, lalu masukan potongan sayuran dan bumbu tumis.

3- Tambahkan tomat, garam, penyedap rasa, gula merah dan santan. Aduk dan tunggu hingga mendidih.

4- Setelah matang, matikan kompor dan angkat. Kini, sayur lodeh siap di hidangkan.

Cukup mudah bukan untuk memasak sayur lodeh? Kini, anda sudah bisa membuat sayur lodeh sendiri. Dan anda juga dapat berkreasi sesuai ide anda sendiri. Biasanya, sayur lodeh dapat di kreasi dengan beberapa tambahan agar lebih nikmat. Seperti menambahnya dengan ayam goreng atau dengan krupuk kulit atau biasa juga di sebut dengan krupuk rambak. Rasanya akan terasa lebih sedap. Atau jika di jawa tengah, biasanya bahan-bahan yang di gunakan untuk sayur lodeh menggunakan sayur nangka, labu, dan kacang panjang. Jarang sekali sayur lodeh di Jawa Tengah yang menyertakan jagung manis. Biasanya, jagung manis hanya di gunakan untuk tambahan pada sayur asam. Selamat memasak..!!

ramon84
Resep Masakan Sayur Lodeh, Kuliner khas Jawa Tengah dan Jawa Barat | admin | 4.5