9 Benda Yang Dilarang Dimasukkan ke Dalam Microwave

Microwave merupakan alat bantu elektronik yang digunakan dalam hal menyiapkan makanan. Penggunaan microwave sangatlah praktis. Namun ada benda-benda yang sebenarnya tak boleh dimasukkan dalam microwave karena radiasi dan tenaga listrik pada microwave. Jika tidak, benda-benda akan menjadi rusak dan berpotensi menyebabkan kebakaran. Tahukah Anda benda-benda apa saja yang dilarang dimasukkan ke dalam microwave itu?

1. Daging Beku
Daging beku yang dilelehkan menggunakan microwave akan mengakibakan hangusnya bagian luar daging namun bagian dalam masih tetap beku. Alhasil, pengolahan daging selanjutnya menjadi tidak maksimal. Lelehkan daging beku Anda cukup dengan mengeluarkannya dari dalam freezer dan mendiamkannya beberapa saat. Atau dapat juga dengan memberinya aliran air bersih.

2. Air Susu Ibu (ASI)
Penelitian menunjukkan bahwa panas microwave akan menjadikan ASI rusak dan parahnya lagi akan menjadi sarang bakteri 18 kali lebih banyak jika dibandingkan menghangatkannya menggunakan air hangat. Untuk itu, cukup hangatkan ASI dengan cara merendam botol susu dalam baskom air hangat.

3. Cabai
Cabai yang dimasukkan ke dalam microwave akan mengeluarkan zat kimia bernama capsaicin, zat yang memberikan sensasi pedas membakar pada cabai, dan akan semakin menjadi ketika dipanaskan. Akibatnya, mata serta wajah Anda akan terasa panas ketika membuka pintu microwave setelah cabai dipanaskan.

4. Sayuran
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan sayuran menggunakan microwave dapat membunuh enzim serta menghilangkan antioksidan dan nutrisinya hingga mencapai 97 persen. Hal ini terjadi lagi-lagi dikarenakan oleh panas ekstrim microwave.

microwave

5. Dalam Keadaan Kosong
Pastikan microwave dalam keadaan mati terlebih jika kosong tanpa ada makanan di dalamnya. Magnetron, komponen yang memberikan panas pada microwave akan menyerap semua panas dan membuat dirinya sendiri hancur saat tak ada makanan yang menyerap panasnya.

6. Kertas
Kertas merupakan benda yang amat sangat mudah terbakar. Untuk itu, lepaskan makanan dari kemasannya yang berbahan kertas jika Anda ingin memanaskannya menggunakan microwave. Microwave dapat rusak jika kertas dimasukkan ke dalamnya dan berpotensi terjadi kebakaran.

7. Telur Mentah
Telur mentah yang direbus atau dimatangkan dalam microwave yang akhirnya bersentuhan dengan hawa panas ekstrem dari microwave dapat mengakibatkan pecahnya telur atau bahkan meledak, serta menyebabkan noda telur nan amis pada microwave kesayangan Anda. Rebuslah telur dengan cara biasa karena tingkat keamanannya lebih terjamin.

8. Buah-buahan
Buah yang dimatangkan atau caramellized fruit merupakan pilihan yang dapat Anda gunakan sebagai pencuci mulut yang sehat. Buah akan menghasilkan cairan gula seperti caramel dengan rasa lezat ketika dipanaskan. Namun untuk membuatnya, akan lebih baik jika Anda melakukannya dengan cara biasa yaitu dengan menggunakan kompor karena sebagian besar buah mempunyai sifat yang tak tahan panas, misalnya stroberi dan anggur. Kedua buah ini dapat gosong bahkan meledak dan menyebabkan bau hangus serta membuat microwave Anda lengket ketika terkena panasnya.

9. Bahan-bahan Lainnya
Bahan-bahan lain yang tak boleh dimasukkan ke dalam microwave adalah styrofoam dan melamin. Juga beberapa jenis wadah plastik yang bukan diciptakan khusus untuk microwave karena dapat meleleh dan merusak microwave itu sendiri. Begitu pula metal dan aluminium yang bersifat menghantarkan panas, yang dapat merusak microwave dan melukai Anda saat mengeluarkannya dari microwave.

9 Benda Yang Dilarang Dimasukkan ke Dalam Microwave | admin | 4.5