4 Tips Jitu Mengajak Pasangan Untuk Merapikan Rumah Yang Berantakan Pasca Lebaran Idul Fitri

Momen lebaran selalu digunakan oleh kebanyakan orang untuk berkumpul bersama keluarga serta kerabat lainnya. Biasanya, kebanyakan pasangan dan mungkin termasuk Anda akan merasa cukup repot saat lebaran telah usai dikarenakan sang asisten rumah tangga masih mudik. Terlebih apabila rumah Andalah yang dijadikan tempat berkumpul saat lebaran. Jangankan sebagai tuan rumah, tak menjadi tuan rumahpun seringkali kita tak ada waktu utnuk membereskan rumah berantakan karena disibukkan dengan aktivitas silaturahmi.

Jangan khawatir. Tak ada asisten rumah tangga tak berarti rumah Anda harus berantakan. Ajaklah pasangan Anda untuk bersama-sama membereskan rumah berantakan anda. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

  1. Berikan Dia Latihan
    Berikan latihan pada pasangan karena tak semua kaum pria dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Namun ingat bahwa pasangan harus tetap dihormati. Susan Newman, Ph. D seorang psikolog sosial dari Rutgers University memberikan saran untuk memastikan bahwa pasangan memang benar-benar mengerti langkah demi langkahnya.

Misalnya dalam mencuci baju. Pastikan Anda menjelaskannya mulai dari langkah paling awal yaitu cara memisahkankan baju, kemudian ukuran detergen yang harus digunakan serta bagaimana cara mengeringkannya.

rumah berantakan pasca lebaran

  1. Berikan Suami Pekerjaan Rumah yang Membutuhkan Tenaga Ekstra
    Akan lebih baik jika suami mendapatkan tugas untuk mengerjakan pekerjaan yang memerlukan tenaga ekstra seperti membersihkan bak cuci piring, mencuci mobil, membuang sampah serta membersihkan kamar mandi. Sedangkan Anda dapat memasak, mencuci piring serta menyetrika.
  1. Ajak Pasangan dengan Lembut
    Ajak pasangan untuk membereskan rumah dengan nada yang lembut dan tenang. Jangan memintanya untuk membantu apalagi dengan nada yang tinggi. Katakanan saja dengan jujur bahwa Anda kerepotan dan membutuhkan bantuannya. Kejujuran Anda pasti akan membuatnya mau untuk membantu Anda.
  1. Ungkapkan Bahwa Anda Menghargai Semua Bantuannya
    Ucapkan terimakasih pada pasangan jika telah menyelesaikan pekerjaan rumah secara bersama-sama. Ucapan terimakasih dapat berupa ciuman hangat atau dengan memasakkan masakan kesukaannya. Ucapkan pula bahwa bantuannya benar-benar meringankan tugas Anda dan semuanya tak akan dapat cepat terselesaikan jika tidak dikerjakan bersama.
cara merapikan rumah berantakan, merapikan rumah, foto baju wanita berantakan
4 Tips Jitu Mengajak Pasangan Untuk Merapikan Rumah Yang Berantakan Pasca Lebaran Idul Fitri | admin | 4.5