Pengertian Diabetes Mellitus

Pengertian Diabetes Mellitus

Pengertian diabetes mellitus. (Foto: Flickr)

Pengertian diabetes mellitus atau yang sering disebut hanya dengan kata diabetes adalah istilah untuk penyakit yang juga disebut dengan nama penyakit gula. Selain istilah tersebut, definisi diabetes mellitus juga kerap disebut kencing manis karena ditandai dengan air seni yang manis karena mengandung gula. Kata diabetes mellitus sendiri berasal dari Yunani, diabetes yang memiliki arti mengalir dan mellitus yang memiliki arti madu atau gula.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pengertian diabetes mellitus dari berbagai sumber:

Pengertian diabetes mellitus adalah keadaan dimana tubuh tidak dapat menggunakan kadar gula dalam darah secara normal. Kadar gula dalam darah dikontrol oleh insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Bagi penderita diabetes mellitus, pancreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau tubuh tidak dapat merespon insulin yang telah dihasilkan. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat.

Definisi diabetes mellitus adalah kelainan metabolik dengan berbagai penyebab yang ditandai dengan hiperglikemia dengan gangguan metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Diabetes mellitus terjadi karena gangguan pada insulin.

Pegertian diabetes mellitus selanjutnya adalah faktor genetic yang mengakibatkan gangguan metabolisme karbohidrat, yang ditandai dengan tidak berfungsinya hormon insulin yang mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat.

Penyakit diabetes mellitus dapat menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Penderita yang mengidap penyakit diabetes mellitus ditandai dengan naiknya kadar gula darah di atas normal yang disebabkan karena kekurangan insulin baik yang bersifat absolut maupun relatif. Selain itu, penderita juga mengalami penurunan berat badan dan merasa haus secara terus menerus.

Penderita yang tidak menyadari telah menderita penyakit ini dalam waktu yang lama, besar kemungkinan akan timbul berbagai komplikasi seperti penyakit jantung, impotensi, serta gangguan ginjal. Oleh sebab itu, setiap orang dianjurkan untuk mewaspadai penyakit ini sedini mungkin.

Pengertian Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5