Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam berdarah dengue adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Beberapa jenis nyamuk menularkan virus ini. DBD disebut juga sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi), karena dapat menyebabkan si penderita mengalami nyeri yang sangat hebat. Gejala-gejala yang nampak dari demam dengue yaitu demam, sakit kepala, kulit kemerahan yang tampak seperti campak, dan nyeri otot dan persendian. Penyakit ini mengakibatkan renjatan (kegagalan sirkulasi) yg bisa menyebabkan kematian.

DBD dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Pertama yaitu demam berdarah yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah) dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Kedua yaitu sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Gejala Sakit Demam Berdarah

Demam berdarah dengue

Gambar Demam berdarah dengue

Demam pada DBD mempunyai siklus demam yang khas disebut “Siklus Pelana Kuda”, cirinya:
● Hari 1-3 Fase demam tinggi
Demam mendadak tinggi, dan disertai sakit di belakang mata, badan ngilu dan nyeri, serta mual/muntah, kadang disertai bercak merah di kulit.
● Hari 4-5 Fase kritis
Fase demam turun drastis dan sering mengecoh seolah terjadi kesembuhan. Akan tetapi ini merupakan fase kritis yang kemungkinan terjadinya “Dengue Shock Syndrome”
● Hari 6-7 Fase masa penyembuhan
Fase demam kembali tinggi yang merupakan bagian dari reaksi tahap penyembuhan.

breakbone fever

Foto breakbone fever

Cara mengenali gejala Demam Berdarah Dengue

Salah satu gejala demam berdarah turunnya jumlah zat Trombosit, ada pemeriksaan laboratorium ditemukan trombosit <100.000/ul dan terjadi penurunan cairan plasma. Penyebab DBD adalah kelompok flavivirus yg ditularkan nyamuk aedes aegypti, infeksi virus ini menimbulkan antibodi seumur hidup. Selama mengalami sakit ini dianjurkan untuk minum yang banyak. Penatalaksanaan pada dasarnya bersifat suportif dan simtomatis yaitu tirah baring, makan lunak, obat untuk penurun panas dan mengatasi kehilangan cairan plasma. Penyakit ini banyak terjadi di daerah tropis dan puncaknya terjadi pada bulan Desember- Maret.

nyamuk demam berdarah

Gambar nyamuk demam berdarah

Gejala – gejala lain diabetes DBD yang harus ditangani dengan tepat :

● Beri minum yang cukup
● Berhati-hati memilih obat demam, pastikan obat tersebut mengandung parasetamol
● Bawa segera ke rumah sakit

Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) | admin | 4.5