Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatanngobrolasik dotcom,  Siapa coba yang tidak mengenal salah satu jenis tanaman dari indonesia ini, bunga matahari. Mungkin anda sudah mengetahui apa itu bunga matahari, namun apakah anda tahu manfaat biji bunga matahari. Bunga matahari tidak hanya sebagai tanaman hias tapi juga dapat digunakan sebagai tanaman obat?

Helianthus annuus Linn merupakan nama latin dari bunga matahari dan masuk ke dalam salah satu jenis famili Compositae. Bunga matahari sama seperti lidah buaya yaitu tanaman hias yang juga digunakan sebagai tanaman obat. Campak, Bronkhitis, rumatik, sakit gigi, malaria, hipertensi, nyeri menstruasi, keputihan, infeksi saluran kencing, batuk, nyeri lambung, radang payudara, sulit melahirkan, disentri, dan radang payudara adalah beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan bunga matahari.

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Menunjang Kesehatan Tubuh Kita

Biji bunga matahari itu sendiri bisa digunakan untuk mengobati lesu, sakit kepala, campak, disentri berdarah, dan menambah nafsu makan. Di Indonesia biji bunga matahari pada umumnya sering dijadikan snack atau makanan ringan yang biasa disebut kuaci biji bunga matahari. Di dalam kandungan biji bunga matahari terdapat senyawa minyak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.

Bunga Matahari

Foto Bunga Matahari

Di dalam bunga matahari terdapat beberapa kandungan kimia, antara lain: echinocystic acid, helianthoside (A,B,C), Quercimeritrin, oleanolic acid. Sedangkan kandungan prostaglandin E, chlorogenic acid, 3,4-benzopyrene, Beta-sitosterol, quinic acid, phytin, terdapat dalam biji bunga matahari.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari

Gambar Biji Bunga Matahari

  • Menurunkan kolesterol total bahkan kolesterol LDL atau yang kita kenal dengan sebutan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik), manfaat biji bunga matahari ini dikarenakan adanya kandungan senyawa lemak monosaturated pada biji bunga matahari.
  • Mencegah penyakit jantung, mencegah dari oksidasi kolesterol, melawan radikal bebas serta dapat menyimpan sel – sel dari kerusakan termasuk sel otak dengan adanya kandungan Vitamin E yang terdapat pada biji bunga matahari.
  • Vitamin E yang terdapat pada biji bunga matahari juga dapat menurunkan resiko serangan jantung dan membuat jantung sehat, mengobati penyumbatan pembuluh darah dan stroke.
  • Kandungan Magnesium yang terdapat pada biji bunga matahari juga mampu sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mencegah asma, dan mencegah migrain.
  • Mineral selenium mampu membantu mencegah penyakit jantung, membantu perbaikan DNA, mengurangi perkembangan sel kanker.
  • Kecukupan gizi yang terdapat dalam satu biji bunga matahari sangat baik untuk pertumbuhan, dikrenakan pada biji bunga matahari terdapat protein yang sangat penting untuk tubuh. Terdapat 21 gram protein pada setiap 100 gram biji bunga matahari (37% dari asupan kandungan protein harian yang sangat direkomandasikan).
  • Melindungi syaraf, dalam hal ini, manfaat biji bunga matahari dikarenakan adanya kandungan vitamin B1 pada biji bunga matahari.
  • Mengurangi Resiko Diabetes. Manfaat biji bunga matahari ini ditunjang adanya kandungan Asam klorogenat yang terdapat pada biji bunga matahari dapat membatasi pemecahan glikogen di dalam organ hati sehingga mampu mengurangi kadar gula darah.
  • Kandungan Vitamin E di dalam biji bunga matahari dapat mencegah sinar ultraviolet sehingga dapat menjaga kesehatan kulit.
  • Mampu membantu fungsi otak, manfaat biji bunga matahari dalam menjaga kesehatan otak dipengaruhi adanya kandungan folat yang merupakan nutrisi baik bagi otak.
  • Di dalam biji bunga matahari terdapat kandungan yang baik untuk membangun tulang kuat dan sehat yaitu mineral magnesium dan fosfor.
  • Biji bunga matahari baik untuk menjaga kesuburan rambut, karena 5,25 mg zat besi (63% kebutuhan harian) dan 5 mg seng (45% kebutuhan harian) terdapat pada setiap 100 gr biji bunga matahari.

Dari uraian di atas ternyata banyak sekali manfaat dari biji bunga matahari. Selain indah sebagai tanaman hias, bunga matahari juga bermanfaat untuk kesehatan. Semoga artikel manfaat biji bunga matahari dapat bermanfaat.

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan | admin | 4.5