Patofisiologi Diabetes Mellitus

Patofisiologi Diabetes Mellitus

Patofisiologi diabetes mellitus. (Foto: Wikipedia)

Patofisiologi diabetes mellitus merupakan ilmu yang mengulas mengenai asal penyakit, permulaan perjalanan dan akibat yang disebabkan oleh penyakit diabetes mellitus. Tentunya hal ini akan menjadi info yang sangat menarik karena anda akan lebih mudah memahami mengenai penyakit yang cukup berbahaya di kalangan masyarakat ini.

Membahas mengenai patofisiologi diabetes mellitus mengenai asal penyakit, sebenarnya penyakit ini muncul karena gangguan organ pankreas. Pankreas disebut juga dengan kelenjar ludah perut di mana kelenjar ini merupakan penghasil insulin yang terletak di belakang lambung. Di dalam organ ini terdapat kumpulan sel yang berbentuk seperti pulau pada peta karena itu juga biasa disebut dengan pulau-pulau Langerhans yang dapat mengeluarkan hormone insulin yang sangat berperan dalam metabolisme gula darah.

Hormone insulin yang dikeluarkan oleh sel beta dapat diibaratkan sebagai kunci yang dapat membuka pintu sel masuknya gula untuk kemudian dimetabolisme menjadi tenaga. Jika terjadi gangguan pada sekresi hormone insulin, akibatnya gula tidak dapat masuk ke dalam sel untuk diubah menjadi tenaga dan efeknya kadar gula darah pun akan semakin meningkat. Inilah yang biasa disebut dengan patofisiologi diabetes mellitus tipe 1 yang menjadi awal munculnya penyakit.

Untuk patofisiologi diabetes mellitus tipe 2, sebenarnya jumlah insulin dalam tubuh mungkin normal dan bahkan melebihi jumlah normal tetapi hanya terjadi gangguan pada jumlah reseptor insulin di permukaan sel. Reseptor ini biasa diibaratkan sebagai lubang kunci, jadi meskipun jumlah anak kunci sudah mencukupi tetapi lubang kunci masih dalam jumlah yang kurang, gula pun tidak mampu dimetabolisme secara maksimal oleh insulin.

Demikian uraian yang dapat admin berikan mengenai patofisiologi diabetes mellitus baik untuk tipe 1 ataupun 2 pada awal munculnya penyakit ini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Patofisiologi Diabetes Mellitus | guniwan | 4.5